Sukses

Lifestyle

Berburu Kuliner Ajib Khas Arab di Surabaya

Fimela.com, Jakarta Surabaya mencoba menepiskan tragedi yang terjadi pada pertengahan Mei ini. Memasuki bulan Ramadan atau bulan puasa, masyarakat Surabaya menyambutnya dengan penuh harapan. Kehidupan warga di ibukota Jawa Timur ini tetap ramai dan menggeliat.

Terutama di bulan puasa seperti sekarang ini. Di bidang kuliner misalnya, banyak tempat yang ramai dikunjungi untuk membeli makanan maupun minuman untuk berbuka dan sahur.

Buat penyuka makanan Timur Tengah atau Arab, pasti sudah tahu kawasan Ampel atau sering disebut Kampung Arab di utara Surabaya. Lalu kuliner khas Arab Saudi apa saja yang jadi favorit di Ampel Surabaya?

Seperti dilansir dari Foody.id, diantaranya adalah Roti Maryam. Bahannya memang dari tepung seperti roti pada umumnya, tapi biasanya dinikmati bersama gulai kambing. Lalu ada Shawarma yang mirip dengan kebab.

Bedanya, kalau pada kebab ada banyak sayuran, pada shawara ada banyak acar dan daging. Selain itu, kebab sebenarnya khas Turki. Di Ampel, kita bisa banyak menemukan shawarma adalah perkara yang sangat mudah karena ada di sepanjang jalan.

Nasi Biryani

Selain itu ada Nasi Kebuli yang jadi favorit banyak orang. Bentuknya mirip nasi goreng, tapi bedanya menggunakan kaldu kambing, susu kambing, santan dan minyak samin. Lalu ada potongan daging kambing yang jadi ciri khasnya.

Salah satu kedai nasi kebuli paling favorit ada di Warung Yaman.Ada juga Nasi Biryani yang sebenarnya berasal dari India dan Pakistan. Tapi orang-orang Arab yang tinggal di Indonesia juga sering memasak makanan ini. Nasi yang digunakan untuk biryani berbeda dengan nasi kebuli. Namun untuk bahan pelengkap dan bumbunya hampir sama. Rasanya pun sama-sama ajib alias enak banget.

Kambing Oven

Satu lagi kuliner paling banyak disukai di kawasan Ampel adalah Kambing Oven. Siapapun yang berkunjung ke Jalan Ampel, pasti mencari makanan yang satu ini. Salah satu depot yang menjual adalah Warung Yaman.

Makanan ini tergolong sangat berat, bahkan beberapa orang memakannya tanpa nasi karena sudah terasa kenyang menyantap dagingnya saja. Kuliner khas Kampung Arab Surabaya ini juga pas untuk hidangan berbuka puasa maupun sahur.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading