Sukses

Lifestyle

Bertengkar Sama Pacar Boleh, Saling Menyakiti Jangan!

Fimela.com, Jakarta Pertengkaran dalam hubungan itu biasa, semua pasangan pasti pnya konfliknya sendiri-sendiri. Tak perlu jauh-jauh dari luar, dalam diri pasangan sendiri pun masalah penyebab pertengkaran bisa muncul.

Hal yang lumrah pasangan bisa bertengkar karena satu dan lain hal. Itu tidak perlu—dan tak bisa selalu—dihindari. Namun, adalah sebuah langkah yang bijaksana jika kita memilih cara bertengkar yang baik dengan pasangan kita.

Jangan sampai malah berujung saling menyakiti atau melukai. Penting untuk selalu membangun rasa saling percaya dalam hubungan dan menjaga komunikasi tanpa saling mementingkan diri sendiri. Di bawah ini ada tips untuk menjaga pertengkaran agar tak sampai saling menyakiti.

Buat Komitmen dari Awal untuk Bisa Saling Kompromi

Kamu dan pasangan jelas dua orang yang berbeda. Sikap dan watak kalian berdua pun tidak sama. Di sini kita tak bisa selalu mementingkan diri sendiri atau merasa yang paling hebat. Saatnya untuk bisa saling kompromi. Tak ada pribadi yang benar-benar sempurna tapi selalu ada cara untuk menerima seseorang dengan seutuhnya.

Jangan Berargumen Saat Masih Marah

Penting untuk membuat emosi tenang dan stabil lebih dahulu sebelum berargumen atau menjelaskan suatu hal ke pasangan. Karena kalau berargumen saat masih marah, maka hal yang tadinya sepele bisa makin parah tidak karuan. Obrolan jadi tidak jelas dan akan makin mudah tersulut emosi nantinya. Daripada membahayakan hubungan, lebih baik kamu diam saat emosi masih tinggi.

Harus Ada Batasan Dalam Diri Sendiri Untuk Tidak Membuat Pertengkaran Semakin Runyam

Hindari Mengungkit-Ungkit Masalah yang Lalu

Terkadang saat bertengkar dengan pasangan, ada hal-hal atau kesalahan masa lalu yang ikut diungkit-ungkit. Keadaan bisa makin runyam bila hal-hal yang terjadi di masa lalu disebut-sebut lagi saat bertengkar. Yang terjadi nantinya malah memunculkan rasa tidak nyaman hingga saling benci.

Jangan Menggunakan Kelemahannya untuk Menjatuhkannya

Karena ego dan emosi, kadang kita ingin menjadi orang yang paling benar. Tak mau disalahkan apalagi dianggap jadi pihak yang paling bersalah. Sehingga kadang kita malah menggunakan kelemahannya untuk menjatuhkannya. Kalau hal ini sampai dilakukan, yang terjadi malah perasaan sakit hati dan dibenci.

Apa yang Harus Dilakukan Agar Pertengkaran dengan Pacar Tidak Melebar?

Saling Mendengarkan Penjelasan Satu Sama Lain

Kita sering menuntut untuk minta didengar. Tapi kita jarang mau jadi pendengar. Padahal mendengarkan ini merupakan keahlian yang sangat penting yang harus dimiliki setiap pasangan. Sehingga bisa lebih berpikir jernih dalam mengatasi sebuah permasalahan dan menghindari prasangka negatif.

Pertengkaran bisa jadi hal yang wajar dan jadi cara untuk mengurai masalah kemudian diselesaikan dengan baik. Tapi akan berujung luka bila malah akhirnya saling menyakiti karena komunikasi yang salah. Kalau kamu sendiri, punya tips lain untuk tetap menjaga keharmonisan hubungan setelah bertengkar?

 

 

Sumber: vemale.com

Penulis: Endah Wijayanti

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading