Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-18, 2 Juni 2018

Lanny Kusumastuti02 Jun 2018, 01:30 WIB
[Bintang] Masjid

Bintang.com, Jakarta Bulan Ramadan sudah memasuki hari ke-18, bagaimana dengan ibadah puasamu? Semoga berjalan dengan lancar ya. Agar ibadah Ramadan berjalan dengan baik, jangan lupa untuk memastikan jadwal sholat, imsakiyah, dan buka puasa.

Namun sebelum itu, kamu tentu pernah dengan soal bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi dari misik atau wewangian ya. Terkait penjelasan hal tersebut, melansir laman nu.or.id hal ini pun menjadi perhatian Rasulullah SAW, seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ فَمِّ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ

Artinya, “Demi Zat yang berkuasa atas nyawaku, sungguh bau mulut orang puasa itu lebih wangi menurut Allah daripada bau misik.”

Ilustrasi bau mulut (iStock)
Ilustrasi bau mulut (iStock)

Ungkapan "Lebih wangi menurut Allah daripada bau misik" di sini maksudnya adalah bahwa pahalanya lebih banyak menurut Allah daripada pahala orang yang memakai minyak misik saat sholat Jumat atau sholat Idul Fitri maupun sholat Idul Adha.

Meski bau mulutnya orang yang berpuasa lebih wangi daripada bau misik, bukan berarti kamu membiarkan mulutmu bau dan tak dibersihkan ya, karena dapat mengganggu orang lain.

Nah selain menjaga kebersihan gigi dan mulut, jangan lupa juga utnuk menjaga ibadahmu dengan mengetahui jadwal sholat, imsakiyah dan buka puasa. Semoga ibadah di bulan Ramadan 2018 lancar!

[Bintang] Jadwal Imsakiyah
Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan 1439 Hijriah / 2018. (DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)