Sukses

Lifestyle

Benarkah Puasa Bisa Sembuhkan Penyakit?

Fimela.com, Jakarta Setiap Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Selain menahan rasa lapar dan haus, umat Muslim juga harus menahan emosi dan hawa nafsu. 

Puasa Ramadan juga ternyata memiliki banyak manfaat. Selain bisa membakar lemak, puasa juga bisa memperbaiki fungsi sistem dalam tubuh, terutama sistem pencernaan. 

Tapi, dilansir dari VOA-Islam, ternyata puasa Ramadan juga punya khasiat ajaib yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bukan penyakit ringan biasa seperti flu dan batuk, tapi kanker dan mencegah tumbuhkan tumur ganas!. 

Ternyata, dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University of Southern California menunjukkan, pasien kanker yang berpuasa dalam jangka waktu yang lama, akan menurunkan jumlah sel darah putih. 

Sehingga, memicu induk regenerasi sel berdasarkan sistem kekebalan tubuh manusia. Dengan kata lain, puasa akan mempertebal kekebalan tubuh seseorang. 

Salah seorang ilmuan di universitas tersebut Profesor Valter Longo mengatakan orang yang menjalani terapi puasa jarang mengidap kanker dan mejalani kemoterapi. Puasa pun juga bisa memperlambat pertumbuhan tumor ganas. 

“Apa yang kita lihat adalah bahwa sel kanker telah mengkompensasi kekurangan sel, semua hal ini hilang dalam darah setelah berpuasa. Pada kenyataannya, sel-sel kanker berkurang," kata Prof Valter, seperti dikutip dari VOA-Islam. 

 

Enzim PKA

Puasa juga mengurangi enzim PKA yang diketahui bisa meningkatkan risiko kanker dan pertumbuhan tumor. Karena itu, jangan pernah mengeluh lapar dan haus selama berpuasa, ya! Selain memang karena kamu beribadah, puasa juga memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Tapi, ini cuma bisa terjadi kalau kamu berpuasa dengan sehat! Artinya, kamu harus mengonsumsi makanan-makanan dan minuman sehat selama berpuasa. 

Menu Berbuka dan Sahur yang Sehat

Ada banyak minuman dan makanan yang seharusnya nggak kamu konsumsi saat berbuka puasa dan sahur. Semuanya yang mengandung gula, terlalu banyak garam, makanan olahan, dan berbahan pengawet. 

Makanya, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan dan miuman yang sehat-sehat saja. Sehat artiny segar dan belum diolah. Kalau bisa, bahannya semua organik. Cobalah untuk mengonsumsi jus sayuran dan buah saat berbuka puasa dan sahur. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading