Malas Bersihkan Maskara, Ini yang Bakal Teradi pada Matamu

Karla Farhana04 Jun 2018, 00:12 WIB
Hasilnya Mantap dengan Memakai Maskara Buatan Sendiri

Fimela.com, Jakarta Buat semua perempuan, membersihkan wajah dari makeup itu wajib hukumnya setiap kali kamu hendak pergi tidur. Tapi, kadang rasa kantuk mengalahi dirimu untuk langsung pergi tidur tanpa membersihkan makeup

Apa lagi, makeupmu juga sulit sekali untuk dibersihkan. Soalnya, makeup waterproof memang memakan waktu lebih lama untuk dibersihkan ketimbang makeup biasa. 

Tapi, ternyata malas membersihkan makeup bisa menimbulkan akibat yang buruk untuk kesehatanmu. Seorang wanita mengalami gangguan penglihatan akibat malas membersihkan maskara.

Wanita 50 tahun ini pergi ke dokter spesialis mata karena merasa tak nyaman dengan penglihatannya. Ia merasa ada sesuatu yang mengganjal di matanya.

Setelah dicek rupanya terdapat benjolan tebal berwarna gelap di bawah konjungtiva matanya. Saking tebalnya, sampai-sampai membuat peradangan di konjungtiva dan merusak kornea mata seperti dituliskan dalam jurnal Ophthalmology edisi Mei ini.

Kepada dokter yang menangani, wanita bernama Theresa Lynch ini, mengaku sehari-hari menggunakan maskara tebal selama 25 tahun lebih. Sayangnya, usai memakai maskara ia tidak membersihkan.

"Saya memakai riasan yang tebal tapi memiliki kebiasaan buruk tidak membersihkan setelah kembali sampai di rumah," kata Lynch kepada Daily Mail.

Jika tidak ditangani bisa buta

Pakai Maskara Nggak Perlu Takut Berantakan dengan Cara Ini
Ilustrasi memakai maskara. (purewow.com).

Dokter spesialis bedah mata dari University of Sydney School of Medicine yang menangani Lynch, Dana Robaei, menjelaskan penyebab hadirnya benjolan di bawah kelopak mata pasiennya itu. Benjolan gelap itu hadir karena penumpukan maskara selama bertahun-tahun.

Jika tidak segera datang ke dokter, kemungkinan besar mata Lynch mengalami infeksi yang parah. Jika tidak ditangani, bisa menyebabkan kebutaan walau itu kasus yang sangat jarang terjadi.

"Itu sebabnya, Anda harus menghapus maskara setelah selesai beraktivitas," kata Dana mengutip laman Live Science dilansir Minggu (3/6/2018).

Lynch sudah menjalani prosedur pengangkatan benjolan gara-gara maskara selama 90 menit.

 

 

Penulis: Benedikta Desideria

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓