Sukses

Lifestyle

Ibadah Malam yang Dijalani Rasulullah SAW Selama Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan di tahun 2018 telah memasuki hari ke-20. Sampai hari ini sudah berapa banyak waktu yang kamu manfaatkan untuk memaksimalkan ibadah Ramadan?

Rasanya waktu berjalan begitu cepat ya, dan kita akan memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Biacara soal ibadah Ramadan, Rasulullah SAW selalu memanfaatkan waktu-waktu di bulan suci ini dengan berbagai ibadah termasuk yang sunah.

Melansir laman Dream.co.id, dalam riwayat Muttafaq Alaih, seorang sahabat melihat kaki Rasul hingga bengkak karena terlalu lama beribadah di malam hari saat Ramadan.

"Wahai Rasulullah, untuk apa semua ini (ibadah)? Bukankah Allah telah mengampuni dosa-dosamu baik yang telah lalu maupun yang akan datang?"

Rasulullah SAW menjawab, "Tidak bolehkah aku menjadi hamba Allah yang bersyukur?"

Riwayat tersebut pu menunjukkan jika setiap harinya Rasulullah SAW selalu menghidupkan malam Ramadan dengan menjalankan ibadah sunah, yang mana hal tersebut dilakukan sebagai ugkapan syukur Rasul atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Ibadah malam yang dilakukan Rasulullah saat Ramadan.

Dalam riwayat Imam Bukhari, Abdullah bin Abbas RA menggambarkan Rasulullah SAW pada tiap-tiap malam Ramadan selalu didatangi Malaikat Jibril AS untuk mendaras Alquran.

Istri Rasulullah SAW, Aisyah RA, meriwayatkan pada bulan Ramadan, Rasulullah SAW keluar pada malam hari, dan melaksanakan sholat 'sunah' di masjid, dan beberapa sahabat ikut sholat bersamanya, lalu mereka saling menyampaikan kepada yang lain, hingga bertambahlah jumlah mereka, kemudian mereka sholat bersama Rasulullah SAW, dan pada pagi harinya tersebarlah kabar tentang sholat yang mereka laksanakan bersama Rasulullah SAW, hingga pada hari ketiga jumlah para sahabat yang ikut melaksanakan sholat 'sunah' bersama Rasulullah SAW bertambah banyak…, lalu, pada malam keempat, Rasulullah SAW tidak hadir ke masjid, hingga beliau keluar untuk sholat subuh, dan ketika selesai melaksanakan sholat subuh, Rasulullah SAW menghadap kepada para sahabat, lalu beliau menyampaikan, " Sungguh aku mengetahui antusias kalian, namun aku khawatir sholat sunah ini akan diwajibkan kepada kalian sehingga akan membebani kalian."

Tak hanya itu, pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan, Rasul pun menjalani itikaf dan tetap menjalankan ibadah sunah lainnya. Bagaimana? Kamu tentu tak ingin menyia-nyiakan waktu di bulan Ramadan kan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading