Sukses

Lifestyle

Alasan Berbuka Puasa Disarankan dengan Minuman dan Makanan Hangat

Fimela.com, Jakarta Bulan puasa bisa jadi momen yang tepat buat lebih menjaga dan mengatur pola makan kita. Banyak manfaat yang bisa kamu dapat selama berpuasa di bulan Ramadan ini, terutama buat kesehatan.

Selain dapat menjadi asupan energi untuk beraktifitas seharian, sahur dan berbuka puasa di bulan ramadan ternyata punya banyak manfaat lain yang tidak bisa dianggap enteng. Misalnya saja dengan lebih memperhatikan makanan kita baik di saat sahur rmaupun berbuka.

Rasa haus dan lapar yang begitu kuat juga sering membuat kita tak sabar untuk melahap segala jenis makanan dan minuman dingin dan manis saat berbuka. Bukannya dilarang, tapi ada baiknya dikurangi karena ditakutkan sistem pencernaan yang sedang beristirahat akan menjadi kaget kalau kamu berbuka puasa dengan sesuatu yang dingin.

Seperti dilansir dari liputan6.com dan Cashbac, ada empat alasan utama kenapa kita sebaiknya berbuka puasa dengan porsi yang normal dan minuman hangat.

1. Pembuangan Racun Jadi Lebih Baik

Puasa merupakan sebuah kondisi di mana tubuh akan melakukan detoksifikasi secara alami. Buat hasil yang lebih maksimal, minumlah air hangat saat berbuka. Selain detoksifikasi akan keluar dari keringat, pembuangan racun akan lebih lancar dengan air hangat yang dikonsumsi saat berbuka puasa.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Dengan air hangat yang kamu minum saat berbuka, aliran darah akan terasa lebih lancar. Hal ini akan menghasilkan banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. 

Berat Badan dan Pencernaan

3. Membantu Penurunan Berat Badan

Puasa sering dijadikan momen sebagai pendukung program diet. Minuman manis memang jadi pantangan, sebaiknya ganti dengan air hangat saja.

Selain bisa membantu pencernaan agar lebih lancar, air hangat juga akan membuat kamu mengeluarkan keringat lebih banyak. Kamu juga bisa mengonsumsi buah yang manis asli sebagai pengganti gula yang lebih sehat.

4. Pencernaan Lebih Lancar

Selama puasa sistem pencernaan kita akan beristirahat. Sebaiknya jangan langsung menyantap minuman yang terlalu dingin dan manis, karena bisa saja terjadi peradangan karena penyesuaian suhu yang mendadak. Minumlah sedikit air hangat saat kamu berbuka sebelum menyantap menu yang lain.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading