Diet Sukses: Hidup Sehat Tanpa Gula di Bulan Ramadan

Karla Farhana05 Jun 2018, 18:05 WIB
[Bintang] Diet Sukses

Bintang.com, Jakarta Menu buka puasa dan juga sahur di Bulan Suci ini memang banyak yang bikin kamu jadi lebih gemuk. Nggak heran, soalnya banyak banget makanan yang penuh dengan minyak dan juga lemak. 

Seperti gorengan yang sudah menjadi makanan 'wajib' buat berbuka puasa. Tapi, sudahkah kamu mencoba untuk sama sekali nggak makan gorengan saat berbuka puasa dan sahur? 

Meskipun kamu quit gorengan, ternyata berat badanmu juga nggak turun-turun, ya? Ini ternyata karena kamu masih mengonsumsi banyak makanan yang mengandung gula. 

Coba deh, pikirin, berapa banyak makanan manis yang kamu konsumsi saat berbuka puasa. Mulai dari teh manis, es sirup, kolak, candil, beragam es lain seperti es susu soda. 

Jangan salah, beberapa makanan sehat yang jadi ciri khas Ramadan juga ada yang mengandung banyak gula, lho! Contohnya kurma. Terus, apa makanan yang harus kamu makan selama Ramadan biar bisa langsing?

2 of 3

Tanpa Gula di Bulan Suci

Menu Makanan Sehat Untuk Buka Puasa
Sayuran termasuk bahan makanan yang harus dikonsumsi di bulan puasa | Copyright: Shutterstock

Hampir semua makanan itu mengandung gula. Bukan cuma makanan yang nggak sehat, tapi juga yang sehat seperti buah-buahan. 

Banyak orang yang nggak tahu kalau beberapa buah mengandung banyak gula. Kurma, misalnya.  Nah, gimana caranya menghindari gula di bulan Ramadan, tapi kamu tetap bisa menikmati Ramadan food vibe? 

Jadi, dilansir dari Huffington Post, kamu sebaiknya fokus pada sayuran hijau yang penuh dengan vitamin dan serat. Serat akan membantu memperbaiki dan menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu, serat juga bisa mengurangi lemak dalam tubuh. 

 

3 of 3

Buah untuk Diet

es buah super segar
es buah super segar

Kalau mau makan buah, jangan buah yang sudah diolah menjadi minuman, atau juga manisan. Makan buah segar tanpa gula dan susu. Jus boleh. Buah langsung juga boleh. Asal tanpa gula dan pemanis buatan lainnya. 

Nah, kamu juga harus memilih buah mana yang baik untuk mengurangi lemak tubuh. Jangan salah, semua buah itu memang baik dan menyehatkan. Tapi, buat kamu yang ingin menguruskan badan, lebih baik pilih buah-buahan yang asam, dengan kandungan gula yang lebih rendah. 

Misalnya, lemon, kiwi, blueberries, stroberi, dan lain sebagainya. Jangan lupa, buahnya jangan diolah dan ditambah berbagai macam perasa seperti susu kental manis dan gula. Biar diet kamu berhasil dan bisa tampil kece di hari Lebaran nanti. 

Lanjutkan Membaca ↓