Sukses

Lifestyle

Kata Perempuan: Pilih Mudik ke Rumah Orang Tua atau Mertua?

Fimela.com, Jakarta Tak terasa bulan ramadan sudah memasuki 10 hari terakhirnya. Di momen dekat Lebaran ini pun ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut hari Idul Fitri, salah satunya mudik, alias pulang kampung.

Ya, mudik telah menjadi tradisi turun termurun yang begitu meriah, di mana mereka yang merantau pergi ke kampung asalnya untuk bertemu dan berkumpul dengan orang tua dan keluarga besarnya.

Saking istimewanya, mudik Lebaran pun tak akan dilalui banyak orang, mengingat momen ini menjadi waktu yang tepat untuk  berkumpul dengan keluarga yang terpisah jauh. Ngomong-ngomong mudik, buat kamu yang baru membangun rumah tangga, tahun ini pulang ke rumah orang tua sendiri atau kediaman mertua?

Nah, ini pasti jadi pilihan sulit ya. Apalagi kalau kamu dan pasangan tinggal jauh dari orang tua, lalu memiliki pilihan berbeda untuk mudik. Agak sulit ya menentukan ego, antara menahan rindu dan mengalah untuk kebahagiaan bersama di hari Lebaran.

Terkait pilihan sulit ini, Bintang.com pun mengumpulkan pendapat para perempuan dari berbagai latar belakang, dalam menentukan tujuan mudik Lebaran. Hayo, pilih mudik ke rumah orang tua sendiri atau ke kediaman mertua? 

Pilihan Mudik

Saat ditanya soal pilihan tujuan mudik, sebagian besar perempuan telah menentukan pilihannya. Meski memang mereka mengakui jika sebelum mendapatkan pilihan tujuan mudik ke rumah orang tua sendiri atau kediaman mertua, mereka sempat melewati masa sulit.

"Kalau disuruh milih sih, aku pilih ke rumah orang tua aku. Tapi kan aku nggak boleh egois. Sempat bingung sih karena kangen banget pengen pulang ke (rumah) orang tua, apalagi aku tinggalnya jauhan," - Ria, Ibu Rumah Tangga.

Selain perasaan bingung, ada juga yang perempuan yang kukuh ingin pulaang dan merayakan Lebaran di rumah orang tuanya. "Jujur aja, kalau aku maksa pulang Lebaran ke rumah orang tuaku dulu, sebelum ke rumah mertua. Untungnya suami mau ngalah," - Yuni, Karyawan Swasta.

Harus Bisa Adil

Meski pilihan tujuan mudik membingungkan, namun tak sedikit perempuan yang memilih untuk berlaku adil. Ya, mereka para perempuan dan pasangannya memilih untuk bergantian menjadikan rumah orang tua dan kediaman mertua untuk merayakan Lebaran.

"Hal kayak gini biarpun kelihatan sepele, tapi bisa bikin ribut sama suami. Dari pada ribut-ribut, dari awal nikah, aku dan suami sih pilih gantian aja mudik Lebarannya. Misal, tahun ini rayain Lebarannya di rumah mertua, tahun depan di rumah ortu aku. Tapi kami tetap datang ke mereka, cuma nentuin hari Lebarannya aja di mana," - Indah, Entrepreneur.

Nah, baiknya momen seperti ini tak jadi pemicu keributan dan kecemburuan ya. Buat kamu yang tahun ini mudik, semoga perjalananmu lancar ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading