Sukses

Lifestyle

3 Perawatan di Rumah yang Bisa Bersihkan Karang Gigi

Fimela.com, Jakarta Kunjungan rutin ke dokter gigi biasanya bertujuan untuk membersihkan karang gigi. Tapi, tahukah kamu sebenarnya membersihkan karang gigi bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Soalnya, karang gigi itu bisa mengganggu, lho!

Karang gigi sebaiknya rutin dibersihkan. Hal ini karena selain memperburuk penampilan, karang gigi juga dapat menyebabkan infeksi pada gigi dan gusi. Selain itu, dampak yang ditimbulkan dari karang gigi yaitu bau mulut dan berisiko menyebabkan peradangan.

Oleh sebab itu, dilansir dari Step to Health, Jumat (16/3/2018), berikut adalah tiga perawatan untuk membersihkan karang gigi yang dapat Anda lakukan di rumah.

1. Soda kue dan minyak kelapa

Campuran kedua bahan rumahan ini ternyata ampuh membersihkan karang gigi. Kandungan antimikroba pada campuran soda kue dan minyak kelapa membasmi bakteri, menyingkirkan sisa makanan dan membuat gigi tampak lebih putih dan sehat.

Anda dapat mencampurkan setengah sendok teh soda kue dengan satu sendok makan minyak kelapa dan tiga tetes minyak peppermint, hingga menjadi seperti pasta gigi. Setelah itu, gunakan pasta buatan tersebut saat Anda menyikat gigi. Lakukan sehari sekali dalam seminggu, dan karang gigi Anda akan hilang.

Ragi bir dapat bersihkan karang gigi

Bahan rumahan ini dapat membantu membasmi bakteri pada gigi Anda. Mencampurkannya dengan sedikit garam akan membuatnya dapat melunakkan sisa makanan yang membentuk karang gigi.

Serupa dengan ramuan pasta sebelumnya, Anda dapat mencampurkan satu sendok makan ragi bir dengan setengah sendok teh garam dan air secukupnya. Setelah itu, Anda dapat menyikat gigi dengan pasta tersebut dua kali sehari selama seminggu.

3. Arang aktif

Meski berwarna hitam, arang aktif merupakan salah satu solusi terbaik untuk membersihkan karang gigi. Senyawa yang terkandung di dalamnya dapat menghilangkan sisa makanan, memperbaiki email gigi, dan mencegah infeksi bakteri.

Untuk menggunakannya, Anda dapat menghaluskan arang aktif dengan sedikit air hingga menjadi seperti pasta. Setelah itu, Anda dapat menyikat gigi menggunakan bahan tersebut dan membiarkannya selama tiga hingga lima menit. Setelah itu, bilas dan lakukan hal serupa dua atau tiga kali seminggu. Karang gigiGigibakteri

 

 

Penulis: Aretyo Jevon Perdana

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading