Sukses

Lifestyle

Di Cina Ada Jalan Khusus untuk Pengguna Smartphone

Fimela.com, Jakarta Ponsel pintar atau smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat saat ini. Saking tak bisa pisah dengan barang satu ini, seseorang pun kerap terancam dalam bahaya karena selalu menunduk tak memerhatikan jalan dan hal lain yang bisa membahayakannya.

Salah satu contoh kasusnya adalah kematian seorang anak yang tertabrak mobil saat berjalan di tempat parkir sebuah pusat perbelanjaan pada Agustus 2015 lalu. Hal itu terjadi lantaran ibunya tak memerhatikan sang anak karena sibuk bermain ponsel.

Kisah di atas adalah satu dari sekian banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena seseorang sibuk bermain smartphone. Terkait banyaknya kejadian kecelakaan karena smartphone, pihak berwenang di kota Cina pun baru-baru ini meresmikan jalur trotoar khusus, yang dirancang untuk para pengguna smartphone.

Ya, jalur tersebut diperuntukan untuk mereka yang berjalan dan sibuk menggunakan smartphone-nya. Jalur ini juga dicptakan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan, mengingat saat menunduk dan sibuk dengan smartphone-nya seseorang cenderung mengabaikan sekitarnya.

Melansir laman Oddity Central, jalur tersebut digambar dengan cat berwarna hijau, merah dan biru dan menampilkan gambar smartphone. Namun jalur ini hanya ada di Yanta Roan, di Xi'an, yang mana wilayah tersebut dalah salah satu jalanan sibuk.

Bukan Pertama Kali

Terkait pengadaan jalur khusus pengguna smartphone, rupanya ini bukanlah kali pertama jalur tersebut diperkenalkan. Sebelumnya, pada tahun 2014 juga di ciptakan jalur serupa, sayangnya upaya tersebut tak berjalan dengan baik.

Dalam praktiknya, meski telah dibuatkan jalur khusus, namun para pejalan kaki yang menggunakan smartphone saat berjalan, tak benar-benar memerhatikan jalan yang mereka lalui.

Jadi meski telah dibuatkan jalur khusus, mereka yang berjalan menggunakan smartphone masih melalui jalur yang telah ditentukan untuk menjaga keselamatan mereka.

Respon Positif

Meski hal ini sempat tak berjalan dengan baik, ide pengadaan jalur khusus untuk pejalan kaki yang menggunakan smartphone ini mendapat tanggapan positif dari warganet di Cina.

Kira-kira, di Indonesia perlu tidak diadakan jalur khusus seperti di atas?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading