Sukses

Lifestyle

Curhat Pembaca: Komunikasi Sama Pacar Jadi Masalah

Fimela.com, Jakarta Dari: Dwi Eka Rosmaeni

redaksi, nama aq eka. Aq mau curht ttg pacar aq yang cuek banged. Sebenernya aq sama dy pacaran udah lumayan lama udah hampir setahun. Aq selalu mengeluh soal skp cueknya itu. Aq udh bilang berkali2 utk berubah ke dy tp ttp aja.

Contoh skp cueknya gni. Dy bisa 2-3 hari gangabarin aq pdhl dy ga sibuk2 bgt. Misal dy lagi ada kerjaan malah bisa smp seminggu gakasih kabar. Aq telp ga diangkat WA ga aktif dan katanya ga punya pulsa paketan.

Teruz, dy juga kyk ga peduli gitu redaksi sama aq. Klo org2 sebel ditanya lg apa pacar aq malah gapernah tanyain aq lg apa. Hhaa miris.

Kalo lg chat atau telpan sih biasa aja ngobrol crita2 gitu min, janjian ketemu jg. Trus emg kadang2 dy suka muncul di rmh aq gitu tnp blg2 pas dy gada kbr. Cuma hbs itu ilang lg. Mgkn itu yng bikin aq bertahan sm dia. Tp gmn ya. Komunikasi kan penting ya min. Gmn cara aq merubah dy jd lebih perhatian?

***

Dear Eka,

Pada dasarnya kamu dan dia sudah tahu apa yang membuat hubungan kalian bertahan, tapi sepertinya kalian tidak menyadarinya. Hal tersebut adalah pengertian. Meski dalam kondisi 'terpaksa' tapi kalian sudah mencoba mengerti satu sama lain kok.

Di Tengah Segala Masalah dengan Pasangan, Pengertianlah yang Mendamaikan

Ketika kamu mengeluhkan soal komunikasi dengan dia, tapi kamu masih menerimanya, kamu sedang "memaksa " dirimu mengerti. Ketika di tengah segala keterbatasannya dia menyempatkan waktu menemuimu, dia juga sedang belajar mengerti apa yang kamu inginkan. Kalian sedang belajar saling pengertian, meski caranya masih kurang bisa diterima.

Lantas bagaimana caranya agar bisa mengerti dengan cara yang bisa diterima pula? Nah, untuk mencari jawabannya, silahkan kamu diskusikan langsung. Kalian sudah pernah membicarakan soal ini berdua atau belum? Saat kondisi kalian sedang baik, duduklah berdua, katakan apa yang mengganggumu, tanyakan apa yang membuat dia begitu. Namun, apapun jawabannya tidak ada yang boleh memaksakan kehendak. Tujuan pembicaraan itu adalah untuk diskusi dan menemukan jalan tengah yang adil bagi kalian.

Gaya Komunikasi Setiap Pasangan Berbeda

Kamu perlu ingat bahwa setiap orang, setiap pasangan dan setiap hubungan punya gaya komunikasi yang berbeda. Iya, komunikasi penting. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana gaya komunikasi yang kalian pilih bisa diterima dan dijalani oleh kalian berdua. 

Sebagian pasangan memang berkomunikasi intens setiap waktu, sebagian lagi tak bisa demikian dan menganggapnya ribet. Keduanya tak bisa saling memaksakan. Sekarang, coba tanya pacarmu dia tipe yang bagaimana, sesuaikan dengan keinginanmu.

Mungkin dia tak harus jadi seperti yang kamu inginkan, kamu pun tidak perlu terlalu banyak mengalah. Jalan tengahnya adalah kompromi. Lihat sejauh mana kalian bisa menoleransi keinginan dan/atau kebiasaan satu sama lain, lalu berkomitmenlah untuk menjalaninya sepenuh hati. :)

 

 

***

Punya masalah percintaan yang bikin galau? Curhatin aja! Kirim curhatanmu ke redaksi@bintang.com. Jangan lupa tulis subject emailnya: CURHAT PEMBACA BINTANG, ya. Curhatanmu akan dijawab dan kamu bisa lihat jawabannya di www.bintang.com/relationship. Ditunggu!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading