Tips Mengenalkan Pacar ke Keluarga di Momen Lebaran Ini

fitriandiani11 Jun 2018, 02:20 WIB
Pasangan bertemu orangtua (iStock)

Bintang.com, Jakarta Hi, girls! Lebaran sebentar lagi, sudah punya rencana apa kamu di momen besar tersebut? Selain kumpul-kumpul sama sanak saudara, sepertinya momen ini juga cocok dimanfaatkan untuk mengenalkan pacar ke orang tua dan keluarga besar, ya!

Adakah kamu yang sudah berencana untuk mengenalkan pacarmu ke orang tua dan keluarga besar lebaran ini? Sudah memperhitungkan semuanya, belum?

Walau secara momen sudah pas, namun tentu saja kamu perlu berhitung lagi sebelum benar-benar membawa pacarmu ke keluarga besar. Soal kelayakan si dia dan keseriusan hubunganmu, misalnya.

Tentu kamu tak ingin mengenalkannya ke keluarga, hanya untuk ditanya kemudian hari "Si itu ke mana? Kok nggak diajak?" gara-gara putus di tengah jalan.

Selain itu, kamu juga harus merencanakan dengan matang agar perkenalan antara pacar dan orang tuamu terjadi dengan tepat dan berkesan baik bagi semuanya. Simak tipsnya di bawah ini yuk!

5 Hal yang Harus Diperhatikan Kalau Ingin Memperkenalkan Pacar ke Orang Tua dan Keluarga Lebaran Ini

Ilustrasi relationship Couple
Ilustrasi relationship. (Foto: weheartit)

1. Buat kesepakatan

Jangan ajak si pacar ke tengah keluarga besarmu dengan sistim jebakan. Ingat, pertemuan pertama ini harus berjalan sesuai rencana. Jadi, lebih baik kamu tawarkan dulu idemu ke si dia untuk mengenalkannya ke keluarga, setelah itu diskusikan apa sekiranya ada waktu yang cocok untuk melaksanakan rencana tersebut. Sebab, lebaran-lebaran begini pastinya bukan cuma keluargamu yang punya agenda kumpul tap keluarganya juga.

2. Pastikan acara keluargamu santai dan tidak ada agenda internal

Sekadar kumpul, okelah. Memang baiknya pacarmu diperkenalkan dengan mereka pada momen seperti itu agar dia punya banyak waktu untuk ngobrol dan membaur. Kalau ada agenda khusus seperti misal membicarakan masalah keluarga kasihan dianya, nanti awkward.

3. Tidak ada salahnya bantu dia berdandan

No, bukan maksudnya kamu harus makeup-in dia. Tapi, pastikan penampilannya saat bertemu keluargamu memberikan first impression yang baik. Rapi dan wangi adalah kunci.

Di Pertemuan Pertama Harus Pintar-pintar Merebut Simpati Keluarga

Pasangan bertemu orangtua
Ilustrasi memperkenalkan pasangan pada orangtua. (iStockphoto)

4. Siapkan buah tangan

Buah, biskuit, kue, atau apapun sebagai bingkisan untuk dibawa bertemu keluargamu itu juga penting. Kalau bisa jangan sampai terlewatkan. Fungsi buah tangan ini adalah untuk "cari muka" ke keluargamu. Klasik, but still works. Coba deh!

5. Dampingi dia terus

Meski maksudmu ingin mengenalkannya pada keluarga, tapi sebaiknya kamu tidak "melepas" dia sendirian di tengah keluargamu. Kamu harus dampingi dia, ajak dia membaur dengan keluargamu. Dia adalah orang asing yang ingin masuk ke dalam keluargamu, dan kamu adalah jembatan bagi mereka. Paham?

Jangan lupa, siapkan jawaban yang santun tapi tegas kalau ditanya "kapan nikah?" sama saudara! 

Lanjutkan Membaca ↓