Pelajari Grafik Ini untuk Bantu Cegah Risiko Kanker

Monica Dian11 Juni 2018
risiko kanker

Fimela.com, Jakarta Kanker yang bisa menghantui siapa saja sebenarnya dapat dicegah (bila itu di luar faktor genetik dan takdir). Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker, salah satunya menjalani gaya hidup sehat. Benarkah semata-mata gaya hidup sehat?

Pencegahan bisa diketahui secara detail melalui grafik yang dikeluakan oleh World Cancer Research Fund ini. Bisa dilihat pada grafik tersebut, hal yang paling efektif mengurangi risiko kanker adalah aktivitas fisik dan jalan kaki. Dua kegiatan tersebut bantu kurangi kelebihan berat badan, karena kanker selalu berkaitan dengan obesitas.

grafik risiko kanker
Grafik Risiko Kanker

Perhatikan pula baris selanjutnya di bawah. Makan sayur, menyusui, dan beberapa hal sepele yang termasuk dalam gaya hidup sehat cukup berperan mengurangi risiko kanker. Sayangnya, semakin bawah terlihat bahwa vitamin D masuk dalam kategori yang sedikit berpengaruh pada pencegahan kanker. Aktivitas seperti minum kopi, minuman beralkohol, dan dosis tinggi beta-carotene juga terbukti jadi yang paling berpengaruh terhadap munculnya kanker.

Ukuran setiap lingkaran di grafik tersebut menunjukkan seberapa banyak kasus yang berdampak pada kanker. Semakin besar lingkarannya, maka semakin besar kekuatannya melawan benih kanker. Meski kita tidak bisa menolak serangan kanker, setidaknya grafik ini memberi gambaran jelas apa saja yang sebaiknya kita lakukan untuk mencegahnya datang. Mudah-mudahan kita selalu sehat dan terhindar dari penyakit mematikan ini.

Komentar 0