Hilangkan Kantuk, Hindari 4 Makanan Ini Saat Mudik Lebaran

Karla Farhana11 Jun 2018, 18:05 WIB
Tol Fungsional Sragen-Ngawi Beroperasi Saat Mudik, Pengemudi Motor Cuek Melintas

Bintang.com, Jakarta Mudik melalui jalur daat memang ditempuh dalam waktu yang cukup panjang. Bukan cuma jaraknya saja yang jauh, tapi arus mudik biasanya sangat padat. 

Bahkan, yang biasanya bisa ditempuh dalam 2 jam, bisa menjadi 6 jam saat musim mudik. Nah, jarang tempuh yang jauh dan waktu yang panjang ini pasti bikin kamu lelah dan mengantuk.

Tidur itu memang kondratnya manusia. Tapi, kalau mengantuk saat kamu sedang mudik, sepertinya agak berbahaya, terutama kalau kamu yang sedang menyetir atau bertugas mengawasi barang agar tak hilang di dalam kendaraan. 

Nah, solusinya, kantuk itu harus dihilangkan, atau paling nggak diredam. Bukan dengan mengunyah permen karet, tapi ada beberapa makanan yang harus kamu hidnari sebelum berangkat mudik, agar tak mengantuk, 

1. Nasi Putih

Dilansir dari Prevention, nasi putih memang bisa menambah energi. Namun, kalau kamu makan saat sahur, kamu pasti akan lebih mengantuk di pagi atau siang hari. Soalnya, nasi putih bisa menaikkan kadar gula darah dan bikin mengantuk. 

2. Karbohidrat

5 Makanan Karbohidrat yang Harus Dihindari untuk Diet Keto
Makana karbohidrat. (Sumber foto: Boldsky.com)

Karbohidrat juga sebaiknya jangan terlalu banyak. Soalnya, karbohidrat sangat cepat diserap tubuh. Karena itu, kamu jadi cepat lapar. 

Sebaiknya, pilih makanan yang lebih banyak mengandung serat. Sehingga, kamu jadi lebih kenyang dan nggak mudah mengantuk. 

Lanjutkan Membaca ↓