Kata Perempuan: Yakin Nyaman Tinggal sama Mertua?

Lanny Kusumastuti12 Jun 2018, 19:50 WIB
[Bintang] Kata Perempuan

Fimela.com, Jakarta Bisa hidup bersama dengan pasangan memang hal yang menyenangkan, meski kadang ada saja krikil yang datang menghiasi kehidupan perikahan. Bicara soal pernikahan, tak sendikit pasangan yang memilih tinggal dengan mertua dan kerap mengeluhkan ketidaknyamanannya.

Keluhannya beragam, ada yang merasa tertekan karena tuntutan mertua, kemudian merasa tak bebas karena bukan tinggal di rumah sendiri, hingga merasa repot karena harus ikut mengurus kebutuhan mereka.

5 Momen Seru Jelang Lebaran Paling Dinanti
Ilustrasi kumpul bersama keluarga.

Meski begitu, tak sedikit juga yang merasa senang saat tinggal dengan mertuanya. Di mana mereka bisa dengan mudah mendapatkan berbagai fasilitas, bahkan ada yang merasa seperti hidup dengan orang tua biologisnya, karena begitu disayangi.

Ya, setiap orang memang punya cerita hidupnya masing-masing, termasuk saat mereka hidup dan tinggal bersama mertuanya. Terkait hal tersebut, Bintang.com pun mengumpulkan berbagai pendapat soal pengalaman para perampuan saat tinggal bersama mertuanya.

Meski ada beragam pengalaman, ternyata kebanyakan perempuan mengatakan jika hidup bersama mertua tak selamanya indah. Selain itu mereka juga menyebut jika pilihan terbaik adalah tak tinggal bersama orang tua sendiri maupun dengan orang tua. Berikut selengkapnya.

Hidup bersama mertua.

[Bintang] Begini Cara Memilih Mesin Cuci yang Awet
Ilustrasi: Pexels.com

Berkisah soal pengalaman hidup bersama mertua, tak sedikit perempuan merasa tertekan karena berbagai alasan, salah satunya adalah terkait urusan uang. "Biarpun dibilang numpang, sebenarnya pengeluarannya besar juga, bahkan bisa lebih besar daripada tinggal sendiri," ujar salah satu narasumber Bintang.com yang tak ingin disebutkan namanya.

Ikut membayar listrik hingga membeli kebutuhan bulanan yang tak hanya untuk berdua, menjadi salah satu alasan mengapa hidup bersama mertua sebaiknya bukan pilihan.

"Kalau di rumah mertua, aku harus lebih kerja keras sih. Nggak enak juga, nggak bebas kalau di rumah nggak ngapa-ngapain, walaupun sebenarnya kadang aku butuh banget waktu istirahat, sekedar leha-leha pas libur," aku narasumber lainnya.

Pengertian dan hati yang besar.

Meski hidup bersama mertua banyak dirasa tak mudah oleh sebagian perempuan, namun tak sedikit yang merasa baik-baik saja. Mengingat mereka adalah orang tua yang harus diperlakukan sama seperti orang tua sendiri.

Terkait menjalani hidup dengan mertua, para perempuan menyebut jika harus ada pengertian dan memiliki hati yang besar, karena dua hal tersebut bisa mempermudah dan melapangkan jalannya kehidupan bersama.

Keluarga Bahagia Keluarga Harmonis
Ilustrasi Foto Keluarga (iStockphoto)

"Selama tiga tahun aku hidup bareng mertua, sejauh ini sih baik-baik aja. Kalau rasa kesal gitu sih kadang ada, tapi aku pilih legowo aja jalaninnya. Toh mereka juga ikut ngurusin keluarga aku, bantu aku ngurus anak juga," - Lulu, Ibu Rumah Tangga.

"Kalau memang dirasa hidup sama mertua itu berat, lebih baik tinggal sendiri. Coba kasih pengertian aja sama mereka, kalau nggak diboehin sendiri. Karena sampai kapan pun, orang tua bakal kepo terus dan khawatir sama anaknya meski sudah berkeluarga. Pinter-pinternya kita aja sih," - Ela, Ibu Rumah Tangga.

Lanjutkan Membaca ↓