Bukan Mantan, Kepada Orang-orang Inilah Kamu Harus Minta Maaf Saat Lebaran

fitriandiani12 Jun 2018, 02:20 WIB
Ilustrasi Relationship Female

Bintang.com, Jakarta Idul Fitri atau Hari Lebaran nanti pada hakekatnya adalah hari di mana kita kembali suci. Kita semua akan terlahir kembali seperti kertas putih yang belum ternoda. Untuk itu biasanya di Idul Fitri juga kita me-restart semuanya, termasuk hubungan dengan orang-orang terdekat.

Orang-orang yang selama ini 'perang dingin' mungkin akan menghangat berkat momentum lebaran, yang bermusuhan akan saling memaafkan, dan yang kangen mantan akan modus minta maaf padahal tidak merasa bersalah sama sekali.

Hayo, ngaku! Siapa yang dalam hati berniat untuk chat mantan dan bilang 'maaf lahir batin' saat lebaran nanti, cuma demi memulai percakapan dan memperbesar peluang melepas rindu?!

Sudahlah, lupakan saja soal minta maaf sama mantan lebaran nanti. Toh, hubungan kalian sudah selesai dan kata maaf sudah terucap selagi putus. Memaafkan atau tidak biar jadi urusan hati masing-masing.

Kalau memang niatmu meminta maaf, tak perlu sibuk sama mantan yang sudah jauh dulu. Nih, orang-orang ini terpikirkan tidak olehmu?

Sebelum Mantan, Orang-orang Ini yang Harusnya Lebih Dulu Menerima Permintaan Maafmu

Orang Tua yang Rutin Konsumsi Ikan, Fisiknya Jauh Lebih Kuat
(Foto: Ilustrasi)

1. Orang tua

Kalau kamu memiliki perasaan bersalah, seharusnya perasaan bersalah itu lebih dulu tertuju pada orang tuamu ketimbang ke mantan. Tidak usah bersikap seolah paling peduli akan perasaan si mantan akibat luka masa lalu, kalau sama orang tua sendiri saja kamu tidak peka.

2. Orang rumah

Siapa-siapa yang sehari-hari bersama kamu adalah kandidat kuat dalam daftar orang yang mungkin tersakiti baik sengaja ataupun tidak seperti adik dan/atau kakak, saudara, juga tetangga dekat tetangga yang mana sering kamu temui setiap hari. Walau tak terucap, marah, iri, dengki, pasti ada. Karena itu, mereka juga seharusnya ada di daftar teratas orang-orang yang perlu kamu sampaikan maaf lebaran nanti.

Yang Ini Juga Jangan Sampai Kamu Lewatkan!

Ilustrasi Relationship Friends
Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

3. Sahabat

Meski tingkat pengertian dan toleransi terhadap sahabat sudah tinggi, namun tetap saja permintaan maaf itu harus disampaikan. Apalagi di momen lebaran seperti ini. Ngapain jauh-jauh, ribet-ribet, rela-rela ngehubungin mantan dan minta maaf kalau sama orang yang lebih sering jadi "bantalan" buatmu dalam keseharian, malah tidak ada kata maaf? Walau mungkin sudah menerima segala kurang lebihnya dalam persahabatan kalian, jangan gengsi untuk saling memaafkan ya!

4. Teman main, rekan kantor

Nah, teman main ini termasuk orang yang sering berhadapan denganmu kan? Apalagi rekan kantor yang tiap hari ada dalam rutinitasmu. Persinggungan pasti ada, oleh sebab itu kata maaf untuk mereka tidak boleh sampai terlewatkan.

5. Pacar. kalau ada

Kalau ada pacar tapi kamu masih sibuk mikirin gimana caranya komunikasi sama mantan, sampai kepikiran mau modus lewat ucapan maaf ketika lebaran, kamu keterlaluan!

Lanjutkan Membaca ↓