Sukses

Lifestyle

Begadang Tiap Malam, Ini 3 Akibat yang Bakal Kamu Rasakan

Fimela.com, Jakarta Pertandingan Piala Dunia yang sudah berlangsung sejak 14 Juni lalu memang bikin pecinta sepak bola sering begadang. Pasalnya, pertandingan dilaksanakan di Rusia yang memiliki perbedaan waktu cukup jauh dengan Indonesia.

Biasanya, dalam satu hari ada 3 pertandingan. Pertandingan paling malam biasanya berlangsung pukul 01.00 WIB. Nah, mau nggak mau kamu bakal melek hingga dini hari. 

Padahal, kamu harus tetap bekerja di pagi harinya. Selain jadi mengantuk dan nggak bisa konsentrasi saat bekerja, ternyata juga ada banyak gangguan yang akan dialami otak ketika kamu kebanyakan begadang. Dilansi dari Bustle, ini 3 gangguan akibat kebanyakan begadang. 

1. Pengaruhi Kemampuan Belajar

Bukan cuma di sekolah dan kampus, kamu sebenarnya juga belajar banyak hal di tempat kerja. Nah, proses pembelajaran itu membutuhkan kondisi tubuh dan otak yang stabil dan fit. Kurang tidur ternyata bisa memengaruhi kemampuanmu untuk belajar, lho! 

2. Depresi

Nggak setiap kali kamu kurang tidur lantas jadi depresi. Tapi, kalau tidurmu kurang selama beberapa hari bahkan lebih dari seminggu, stres akan meningkat. Bahkan, kondisi ini bisa mendorong timbulnya depresi

 

3. Otak akan Makan Dirinya Sendiri

Ternyata, kurang tidur juga bisa menimbulkan akibat yang cukup parah untuk otak. New Scientist melaporkan, gangguan tidur parah bisa membuat otak memakan dirinya sendiri. 

Artinya, ketika tubuh kurang tidur, otak nggak akan melahirkan sel baru, sementara sel otak yang sudah lama habis. Hal inilah yang juga mendorong terjadinya demensia. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading