Diet Tanpa Gula dan Garam, Ini 3 Hal yang Harus Kamu Tahu

Karla Farhana02 Jul 2018, 10:26 WIB
Tips agar Gula Darah Tak Melonjak Usai Lebaran (Petereleven/Shutterstock)

Bintang.com, Jakarta Menurunkan berat badan ternyata nggak cuma dengan mengurangi porsi makan. Tapi ada banyak hal yang lebih penting dari itu. Sebagian orang fokus pada kalori dan kalori mikro. Nah, sebagian lainnya fokus pada gula dan garam

Keduanya merupakan bahan masakan yang paling utama. Apa pun makanannya, pasti pakai garam. Begitu juga dengan teh dan kopi. Pmekaian gula secara nggak sadar menjadi hal yang wajib bagi sebagian orang. 

Masalahnya, penggunaan gula dan garam jauh terlalu banyak, dibandingkan dengan batas 'sehat' penggunaan kedua bahan makanan tersebut. Dilansir dari Women's Health Magazine, gula dan garam bisa menyebabkan masalah kesehatan kalau dikonsumsi dengan cara berlebihan. 

Namun, bukan berarti gula dan garam sama sekali nggak baik untuk kesehatan. Women's Health Magazine menulis, seorang asisten profesor di Touro College of Osteopathic Medicine di New York, justru mengatakan kalau kedua bahan makanan ini penting untuk tubuh. 

"Otak membutuhkan gula untuk energi dan otot membutuhkan garam untuk berkontraksi," katanya kepada majalah tersebut. Namun, tetap saja menurutnya penggunaan garam dan gula yang berlebihan bisa menimbulkan berbagai penyakit dan juga mengakibatkan kegemukan. 

Kenapa Garam Nggak Baik untuk Tubuh?

Awas, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Obesitas (Sunny Forest/Shutterstock)
Awas, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Obesitas (Sunny Forest/Shutterstock)

Setiap kali memasak makanan, garam menjadi bahan yang esensial. Tapi, penggunaan berlebih bisa mengakitbatkan timbulnya banyak penyakit kardiovaskular. Seperti darah tinggi, jantung, strokes, dan lainnya. 

Hal ini, dilansir dari Future Life, karena garam yang terbuat dari meneral natrium klorida. Namun, garam yang terlalu banyak mengeluarkan air sehingga meningkatkan tekanan darah tinggi. Makanya, penyakit kardiovaskular pun bisa muncul. 

Gula Jahat Buat Tubuh

Awas, 5 Minuman Ini Bikin Gula Darah Naik Saat Lebaran (Leemonton/Shutterstock)
Awas, 5 Minuman Ini Bikin Gula Darah Naik Saat Lebaran (Leemonton/Shutterstock)

Beberapa ahli berdebat soal apakah gula itu bikin kecanduan atau nggak. Terlepas dari itu, kamu yang suka makanan dan minuman manis harus berhati-hati. Gula, dalam konsumsi yang berlebihan, juga nggak baik untuk kesehatan dan juga bikin gemuk. 

Dilansir dari sumber yang sama, gula juga menimbulkan banyak masalah. Soalnya, gula mengandung energi tapi nggak mengandung apa-apa lagi selain itu. Makanya, kebanyakan gula bisa menimbulkan obesitas, dan masalah kesehatan lain yang cukup fatal. 

Lanjutkan Membaca ↓