Gusi Bengkak, Ini 3 Bahan Alami yang Bikin Sembuh

Karla Farhana03 Jul 2018, 10:26 WIB
Masalah pada Gigi yang Memicu Sakit Kepala (Serhii Zavalnyi/Shutterstock)

Bintang.com, Jakarta Gusi bengkak memang sangat mengganggu aktivitas. Soalnya, gusi bengkak bukan cuma membuat pipi jadi besar sebelah, tapi juga menimbulkan sakit yang kadang tak tertahankan. 

Berbeda dengan sakit gigi karena bolong, gusi bengkak bukan cuma dikarenakan kurang bersih saat menggosok gigi. Tapi, ada banyak penyebab lain yang jarang orang tahu. 

Salah satu stunya, dilansir dari Liputan6, Gingivitis, atau penumpukkan plak pada gusi. Jadi, plak bukan cuma bisa menumpuk pada gigi, lho! 

Nah, plak yang bertumpuk ini lama-lama menyembabkan inflamasi yang disebut gingivitis. Selain itu, gigi bolong juga bisa menyebabkan gusi bengkak. Soalnya, kuman yang ada di dalam lubang tersebut bisa merambah ke gusi. 

Tapi, jangan khawatir karena gusi bengkak sebenarnya bisa diredakan dengan banyak cara alami. Masih ingat dulu waktu kecil kamu diharuskan berkumur dengan air garam saat sakit gigi? Air garam ini memang berkhasiat sebagai antiseptik. Sehingga, bisa mengurangi bengkak dan rasa sakit pada gusi

1. Lemon

lemon
Kulit lemon adalah gudang Vitamin c oleh karena itu mereka dapat membantu untuk memberikan cahaya yang bagus untuk kulit. (foto: Istockphoto)

Selain garam, kamu juga bisa pakai air perasan lemon. Air perasan lemon ini mengandung alkali alami dengan kadar pH yang cocok untuk mulut. 

Selain itu, lemon juga mengandung antibekteri yang sangat efektif membasmi bakteri jahat di mulut dan gusi. Caranya nggak susah, kok! Kamu cuma tinggal peras 1 buah lemon dan campur air perasannya dengan segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari, sampai gusi yang mengkak mereda. 

Merica

Ilustrasi Merica
Ilustrasi Merica (pixabay.com)

Merica juga bisa kamu gunakan sebagai obat gusi bengkak. Karena, merica mengandung anti bakteri dan inflamasi. 

Caranya juga mudah. Campur sedikit merica dan garam. Lalu tuangkan sedikit air, aduk hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pada gusi yang bengkak. 

Lanjutkan Membaca ↓