Editor Says: Gunung Agung di Karangasem Bali Diperkirakan Terus Erupsi

Yuni Haumahu03 Jul 2018, 15:16 WIB
Gunung Agung Meletus

Bintang.com, Jakarta Indonesia merupakan wilayah yang memiliki banyak gunung api aktif karena dilewati oleh sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Dan salah satu gunung api yang masih terus beraktivitas ialah Gunung Agung di Karangasem, Bali.

Aktivitas vulkanik Gunung Agung hingga kini belum menunjukkan penurunan malah beberapa jam lalu masih terus erupsi. Erupsi merupakan suatu proses pelepasan material dari gunung berapi seperti lava, gas, abu dan lain sebagainya ke atmosfer bumi ataupun ke permukaan bumi dalam jumlah yang tidak menentu.

Erupsi dapat diartikan sebagai letusan gunung berapi ataupun semburan minyak dan uap panas dari dalam perut bumi. Dan Gunung Agung mengalami erupsi yang cukup dahsyat.

Dari Senin malam 2 Juli 2018, pukul 21.04 WITA, terjadi erupsi dengan dentuman yang cukup keras. Sampai mengeluarkan lava pijar keluar kawah hingga 2 kilometer.

Rabu 3 Juli 2018, terjadi kembali erupsi dengan kolom abu teramati setinggi 500 hingga 2.000 meter dari puncak kawah. Kini, status Gunung Agung siaga III.

Masyarakat atau Wisatawan Harus Tetap Tenang

Gunung Agung Meletus
Gunung Agung meletus, Selasa 2 Juli 2018, pukul 21.04 WITA.

Gunung Agung diperkirakan akan terus erupsi, hingga masuk status siaga III. Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak perlu gelisah dengan kondisi Gunung Agung di Bali yang kembali erupsi. 

Dan Moeldoko juga menambahkan wisatawan tidak mudah terpengaruh dengan kabar yang belum jelas kebenarannya. Informasi yang diterima sebaiknya dari sumber terpercaya.

Lanjutkan Membaca ↓