Sukses

Lifestyle

Diet Sukses: 3 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Gemuk

Fimela.com, Jakarta Berat badan yang melonjak memang banyak penyebabnya. Mulai dari nggak berolahraga, porsi makan terlalu banyak, hingga jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya. 

Tapi, banyak orang lupa kalau sebenarnya yang bikin gemuk itu kebiasaan buruk sehari-hari. Parahnya, kamu bahkan nggak sadar kalau salah satu kebiasaan burukmu bikin berat badan melonjak. 

Susan Peirce Thompson, PhD, presiden Institute for Sustainable Loss mengatakan kalau banyak orang yang memilih cara yang salah saat berusaha menurunkan berat badan. 

"Kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang ketika mereka berusaha menurunkan berat badan adalah, memulai hari dengan cara yang salah," ujar Susan seperti yang dilansir dari Liputan6. 

1. Bangun Kesiangan

Bangun kesiangan memang banyak dialami orang. Apa lagi kalau telat tidur semalam atau begadang. Tapi, ternyata sering-sering bangun siang nggak baik untuk dietmu, lho! 

Soalnya, ada sebuah studi yang diterbitkan jurnal PLOS One yang menemukan kalau tidur lebih dari 10 jam bisa meningkatkan Indeks Massa Tubuh atau IMT. 

 

2. Kurang Sinar Matahari

Kamu sering bangun terlalu pagi dan langsung naik mobil berangkat kantor? Mungkin kesibukan di tempat kerja bikin kamu lupa akan pentingnya sinar matahari pagi. 

Menurut sebuah studi yang diterbitkan jurnal yang sama, kamu sebenarnya bisa membakar sedikit kalori tubuh dengan terpapar sinar matahari pagi 20-30 menit. Tubuh akan menyesuaikan jam tubuh dan juga metabolisme dan membakar kalori. 

3. Nggak Sarapan

Olahraga selalu kamu lakukan. Juga mengatur porsi makan pada siang hari. Tapi, kamu justru melewatkan bagian yang paling penting, yaitu sarapan. 

Peneliti dari Tel Aviv Univesity menemukan, kamu yang melakukan diet karbohidrat rendah dan sarapan dengan nutrisi seimbang berat badannya lebih terkontrol, dari pada yang melupakan sarapan. 

Soalnya, tanpa sarapan kamu jadi lebih suka ngemil dan makan siang dengan porsi lebih banyak. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading