Pacar Cuma Bilang Jalanin Aja Dulu Saat Ditanya Kapan Nikah? Ini yang Harus Kamu Lakukan Biar Bebas Galau

fitriandiani17 Jul 2018, 14:16 WIB
Ilustrasi Relationship Female

Bintang.com, Jakarta Setiap pasangan yang menjalin hubungan serius pasti berharap bisa melanjutkannya ke tahap pernikahan, apalagi jika satu sama lain tergolong sudah layak dan mampu. Makanya, pertanyaan "Kapan nikah?" dari dan/atay ke pasangan itu wajar.

Pertanyaan yang cuma tersusun dari dua kata, tapi seringkali sulit banget untuk dijawab. Tak jarang pertanyaan tersebut menguap begitu saja. Ada pula yang mendapat ketidakpastian sebagai jawabannya.

Nanya "Kapan nikah?", eh dijawab "Jalanin aja dulu." Jawaban itu adalah jawaban aman di saat kamu benar-benar tidak terbayang bagaimana caranya untuk melangkah ke sana.

Sepintas mudah dimengerti dan memperlihatkan sedikit harapan, namun saat kamu benar-benar ingin mendengar jawaban pasti dari pacarmu, kalimat "Jalanin aja dulu" bisa jadi sangat menyiksa.

Buat kamu baru saja melontarkan pertanyaan "Kapan nikah?" ke pacar dan dijawab "Jalanin aja dulu," jangan galau! Harapan itu ada jika kalian memupuknya. Sekarang, yang penting kamu sabar dan jangan anggap itu sebagai simbol pupusnya harapan.

Biar Tidak Galau karena Belum Tahu Kapan Dinikahi Pacar, Lakukan Ini untuk Dirimu Sendiri!

Ilustrasi Relationship Female
Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

1. Atur rencana untuk dirimu

Bersama dia, saat ini pernikahan belum menjadi prioritas. Namun jika kamu masih ingin bersamanya, baiknya kamu atur rencana pribadimu agar tidak buang waktu cuma untuk menunggu sampai dia menikahimu dan tidak melakukan apa-apa. Mungkin kamu ingin lanjut sekolah, ingin bekerja di perusahaan idaman, ingin mengincar posisi tertentu, atau memulai bisnis? OK saja, silahkan lakukan!

2. Buat deadline

Kamu harus tahu dengan jelas, apa yang membuat dia belum bisa memberi kepastian kapan akan menikahimu. Apakah alasannya realistis? Apa yang sekiranya menghambat dia saat ini? Analisa, bagaimana hambatan itu bisa terurai dan butuh waktu berapa lama. Itulah batas waktu kamu menunggu. Sebab meskipun tak terlihat signifikan, tapi sebenarnya semua bisa diupayakan sejak dini kok.

Baiknya Tetap Ada Jarak

Ilustrasi Relationship Couple
Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com)

3. Jangan bawa hubungan masuk terlalu jauh ke dalam lingkungan keluarga

Berapa banyak orang yang tidak bahagia dengan pasangannya, tapi untuk mengakhiri pun tak sampai hati karena keluarga terlanjur kenal bahkan dekat dengan pasangan? Hmm, itu bisa jadi alasan yang buruk untuk bertahan, lho. Makanya, selagi belum ada kepastian, biar hubunganmu diketahui keluarga sewajarnya saja.

Belum bisa memberi kepastian sekarang memang belum tentu tidak bisa memberi kepastian selamanya. Jadi, silahkan saja menunggu, asal tahu kapan harus berhenti. Kalau masalahnya finansial, masih bisa diatasi bersama. Tapi kalau keyakinan, menunggu sampai kapanpun kalau hati sudah berkata tidak ya susah membolak-balikkannya.

Lanjutkan Membaca ↓