Obrolan Intim: Begini Tandanya Kalau Kamu Alami Menopause Dini

Karla Farhana18 Jul 2018, 21:12 WIB
Diperbarui 18 Jul 2018, 21:12 WIB
[Bintang] Obrolan Intim

Fimela.com, Jakarta Menopause biasanya dialami oleh wanita-wanita yang sudah berumur. Sekitar usia 50-an tahun, wanita akan mengalami menopause, di mana mereka akan berhenti menstruasi karena tak ada lagi produksi sel telur. 

Dilansir dari Prevention, biasanya wanita akan mulai mengalami menopause di sekitar usia 40-58 tahun. Namun, ternyata ada juga cewek-cewek muda yang mengalami menopause yang terlalu dini. 

Kondisi ini biasanya disebut dengan premature menopause. Di mana, mereka yang masih berusia 40-45 tahun mengalami menopause. 

Ginekolog yang berasal dari New York, Alyssa Dweck, MD, mengatakan kepada Prevention, ada satu tanda yang paling utama ketika orang mengalami  menopause. "Nggak haid selama 1 tahun penuh tanpa alasan apa pun," katanya. 

Lantas, apa yang menyebabkan beberapa cewek mengalami menopause yang terlalu awal? 

Gejalanya Apa Saja?

Menopause dini
Usia pertama kali haid atau menstruasi menjadi pengaruh besar soal kapan wanita akan memasuki fase menopause.

Selain berhentinya haid, ada beberapa gejala lain yang juga muncul. Di antaranya, keringatan pada saat malam hari dan saat kamu tidur, keringnya vagina, rapuhnya tulang, tidur nggak nyenyak, dan lain-lain. 

Meskipun nggak bisa dicegah dan ini tergantung dari hormon juga, tapi kamu tetap bisa mencoba untuk lebih siap lagi menghadapi menopause dini. 

Kamu bisa mengonsumsi suplemen yang khusus dibuat untuk wanita-wanita yang sudah menopause. Juga bisa mengonsumsi kalsium lebih banyak untuk menguatkan tulang dan mencegah kerapuhan tulang. 

Lanjutkan Membaca ↓