100 tahun Nelson Mandela, Ini Kutipan-kutipan Inspiratif Darinya

Gadis Abdul19 Jul 2018, 11:52 WIB
Diperbarui 19 Jul 2018, 11:52 WIB
[Bintang] 100 tahun Nelson Mandela, Ini Kutipan-kutipan Inspiratif Darinya

Fimela.com, Jakarta Rabu, 18 Juli 2018 menjadi salah satu hari yang istimewa bagi masyarakat dunia. Ya, hari itu bertepatan dengan 100 tahun Nelson Mandela, tokoh anti-apartheid Afrika Selatan. Sejak meninggal pada 2013 lalu dan untuk mengenang perjuangan Nelson Mandela, masyarakat dunia mulai mengenal Mandela Day, yakni peringatan hari kelahiran Mandela pada 18 Juli.

Banyak kegiatan yang diadakan untuk memperingati Mandela Day, dan peringatan terbesar tentunya dibuat di tempat kelahiran Mandela, Afrika Selatan. Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama juga terlihat menghadiri acara peringatan 100 tahun Nelson Mandela di Afrika Selatan.

Dilansir dari AFP, Kamis (18/7/2018), Obama sempat mengungkapkan kekagumannya terhadap Mandela yang merupakan ikon global untuk perjuangan bangsa kulit hitam. “Saya pernah bertemu dengan Mandela pada tahun 2005, meskipun tak lama. Mandela adalah satu orang yang menginspiras saya,” ujar Obama dalam pidatonya.

[Bintang] 100 tahun Nelson Mandela, Ini Kutipan-kutipan Inspiratif Darinya
Nelson Mandela. (Foto: Multiple Mayhem Mamma)

“Dengan mendengar semua cerita tentang perjuangannya, Mandela membuat saya ingin menjadi orang yang lebih baik lagi,” ungkap Obama. Tidak hanya Obama, tentunya perjuangan Nelson Mandela juga telah menginspirasi banyak orang di seluruh dunia, hal tersebut bisa dilihat dalam berbagai kicauan masyarakat dunia maya untuk mengenang 100 tahun kelahiran Nelson Mandela.

Nelson Mandela yang awalnya dikenal sebagai serang pengacara memang sudah aktif terlibat dalam gerakan anti apartheid sejak usianya masih 20-an. Selama 20 tahun, Mandela yang mendapatkan gelar Bachelor of Art (BA) dari University of South Africa pada 1943 tersebut memimpin kampanye perdamaian, menolak kekerasan dari kebijakan rasis Pemerintah Afrika Selatan.

Mengenang Nelson Mandela

[Bintang] 100 tahun Nelson Mandela, Ini Kutipan-kutipan Inspiratif Darinya
Nelson Mandela. (Foto: Jena Lee Nardella)

Dilansir dari Nelsonmandela.org, Kamis (19/7/2018), Nelson Mandela merupakan anak dari pasangan Nonqaphi Nosekeni dan Nkosi Mphakanyiswa Gadla Mandela. Ia dikenal sebagai sosok pemberani karena keberaniannya itu pula kehidupan Mandela sangat dikekang, bahkan ia sempat di penjara. Keberanian Mandela bisa dilihat dalam beberapa kutipan-kutipan yang sangat menginspirasi darinya seperti yang ada di bawah ini.

#1 Tak ada orang yang terlahir untuk membenci orang lain karena warna kulitnya, latar belakangnya, atau agamanya. Orang harus belajar untuk membenci. Jika bisa belajar untuk membenci, maka mereka bisa diajar untuk mengasihi karena kasih lebih alamiah bagi hati manusia ketimbang sebaliknya.

#2 Menolak pemenuhan hak asasi manusia berarti menantang kemanusiaan itu sendiri. Membuat seseorang berada dalam penderitaan dengan kelaparan dan hidup yang penuh kekurangan (kemiskinan) berarti tidak memanusiakan mereka. Namun, hal-hal tersebut merupakan nasib buruk yang menimpa semua orang kulit hitam di negara kita di bawah sistem apartheid.

Kutipan Penyemangat dari Nelson Mandela

[Bintang] 100 tahun Nelson Mandela, Ini Kutipan-kutipan Inspiratif Darinya
Nelson Mandela. (Foto: Boomshots)

#3 Saya mengakui bahwa saya tidak punya hak apa pun untuk menghakimi orang lain berdasarkan adat kebiasaan saya sendiri, betapa pun saya boleh bangga dengan adat kebiasaan saya itu.

#4 Orang mungkin mengatakan, menghabiskan waktu 27 tahun di penjara telah menyia-nyiakan hidupmu. Namun, hal paling penting bagi seorang politisi adalah apakah gagasan-gagasan tempat kamu menggantungkan hidupmu masih tetap hidup, apakah gagasan-gagasan itu menang pada akhirnya, dan semua yang terjadi menunjukkan bahwa kita tidak berkorban sia-sia.

#5 Perjuangan kita untuk kemerdekaan dan keadilan merupakan usaha kolektif. Usaha untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua orang yang hidup di dalamnya ada di tangan kalian.

Lanjutkan Membaca ↓