Renovasi Rumah Lalu Muhammad Zohri dalam Tahap Pengerjaan

Cica19 Jul 2018, 18:20 WIB
Naik Mobil Golf, Jokowi Ajak Zohri Keliling Istana Bogor

Bintang.com, Jakarta Lalu Muhammad Zohri telah mengharumkan nama bangsa di kancah olahraga dunia. Setelah berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 untuk nomor lari 100 meter putra di Finlandia, namanya kian kesohor. Bukan hanya karena prestasi, lebih dari itu, keadaan keluarganya pun ikut tersorot mata kamera dan pemberitaan.

Siapa sangka jika atlet pengharum nama bangsa tersebut tinggal dalam sebuah rumah yang terbilang memprihatinkan. Di saat rumah-rumah di sekelilingnya berdiri kokoh dengan fondasi dan dinding semen, rumah Zohri masih berdindingnya masih terbuat dari anyaman dan bertiang kayu.

Mendengar kabar tersebut, Presiden Joko Widodo memberi titah pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merenovasi rumah Zohri. Dilansir dari Liputan6.com pada Senin (16/7), meski direnovasi, rumah yang berlokasi di Dusun Karang Pengsor, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara itu akan mempertahankan bentuk aslinya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, Danrem T62 Wirabhakti Mataram. "Kemarin malam sudah diskusi dengan keluarga, ada kesepakatan dari keluarga rumah berkenan untuk direhab, supaya Zohri kembali ke rumah bisa beristirahat dengan layak," tuturnya.

"Diharapkan dengan keinginan keluarga agar tidak mengubah bentuk etnik dari rumah tersebut. Bangunan diminta dari pihak keluarga agar tetap menggunakan kayu. Cuma nanti kami tambah fondasi kaki-kaki, terus kemudian tulang-tulangnya tetap menggunakan beton, kemudian dindingnya tetap kayu karena yang bersangkutan minta seperti itu, kemudian plafon dan ketinggiannya dinaikkan jadi tiga meter," pungkas Ahmad Rizal.

Zohri Dapat Banyak Hadiah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Lalu Muhammad Zohri memenangkan Kejuaraan Dunia Atletik U-20 untuk nomor 100 meter putra di Tempere, Finlandia, pada 11 Juli 2018. Atlet 18 tahun tersebut tercatat mencapai garis finish di detik 10,18. Ia mengalahkan duo sprinter dari Amerika Serikat, Anthony Schawrtz dan Eric Harrison.

Lalu Muhammad Zohri
Proses renovasi rumah Lalu Muhammad Zohri, peraih emas Kejuaraan Dunia Atletik 100 m U-20 2018. (Istimewa)

Sontak prestasi tersebut turut membanggakan nama negara. Tak heran jika banyak pujian dan hadiah menghujani Zohri dan keluarga, salah satunya adalah renovasi rumah dari Presiden Jokowi. Namun, nggak cuma sampai di situ. Masih ada hadiah lain dari beberapa sumber yang Zohri terima.

Lapangan atletik dari pemerintah Lombok Utara, tawaran bergabung masuk TNI, Rp200 juta dari Pemerintah Porvinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), beasiswa dari Menpora, Rp100 juta dari pengacara Hotman Paris Hutapea, satu unit minimarket Sodaqo dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), adalah beberapa hadiah yang telah diberikan pada Zohri.

Lanjutkan Membaca ↓