Cerita Nelson Mandela yang Jatuh Cinta dengan Batik Indonesia

Gadis Abdul20 Jul 2018, 12:06 WIB
[Bintang] Cerita Nelson Mandela yang Jatuh Cinta denga Batik Indonesia

Bintang.com, Jakarta Nelson Mandela, pemimpin Afrika Selatan yang banyak menginspirasi masyarakat dunia meninggal pada 5 Desember 2013. Tidak hanya masyarakat Afrika, seluruh dunia pun berduka karena kehilangan sosok pria yang dikenal sangat pemberani tersebut. Dan demi mengenang jasa-jasanya kini masyarakat dunia mengenal “Mandela Day”, sebuah hari untuk memperingati lahirnya Nelson Mandela pada 18 Juli.

Semasa hidupnya Nelson Mandela tidak hanya dikenal sebagai pemimpin yang berani, tetapi juga pemimpin yang stylish. Ya, Mandela juga dikenal dunia karena gaya berbusananya yang khas, ia suka sekali menggunakan kemeja bermotif batik, baik di acara resmi atau pun acara informal.

Batik memang tidak bisa dipisahkan dari Nelson Mandela, sudah lama ia jatuh cinta dengan batik Indonesia. Dilansir dari BBC.com, Jumat (20/7/2018), perkenalan pertama Mandela dengan batik berawal ketika ia berkunjung ke Indonesia pada tahun 1990-an usai dibebaskan dari penjara di Pulau Roben.

[Bintang] Cerita Nelson Mandela yang Jatuh Cinta dengan Batik Indonesia
Nelson Mandela. (Foto: Artsy)

Di akhir Oktober 1990 saat berkunjung ke Indonesia sebagai wakil ketua organisasi Kongres Nasional Afrika, Mandela menerima hadiah batik. Dan tak disangka Mandela mengenakan batik tersebut ketika datang kembali ke Indonesia pada tahun 1997 sebagai Presiden Afrika Selatan.

Sejak mendapatkan hadiah batik dari Indonesia, Nelson Mandela langsung terkesan dengan warna dan corak batik. Mandela mulai mengenakan batik sebagai symbol kedekatan Indonesia dengan Afrika Selatan.

Alasan Orang Afrika Selatan Takut Pakai Batik

[Bintang] Cerita Nelson Mandela yang Jatuh Cinta dengan Batik Indonesia
Nelson Mandela dengan batik. (Foto: Newsweek)

Kecintaan Nelson Mandela terhadap batik Indonesia sempet diceritakan oleh Jusuf Kalla (JK) kepada BBC.com pada tahun 2013 lalu. Namun, ada yang menarik yang dibahas oleh JK saat itu. JK mengungkapkan kalau meskipun saat itu batik menjadi sangat terkenal, tapi ternyata masyarakat Afrika takut mengenakan batik.

"Cuma kalau kita jual batik di Afrika Selatan itu sulit, karena waktu itu bicara dengan Departemen Perdagangan bagaimana kita jual batik di sini (Afrika Selatan), wah semua orang takut karena di sini bukan batik namanya tapi pakaian Mandela, Mandela’s Shirt jadi tak ada yang mau tiru," jelas Jusuf Kalla.

Nelson Mandela dan Batik Iwan Tirta

[Bintang] Cerita Nelson Mandela yang Jatuh Cinta dengan Batik Indonesia
Nelson Mandela dengan batik. (Foto: theGrio)

Kecintaan Nelson Mandela terhadap batik Indonesia tentu membuat orang jadi bertanya-tanya, kira-kira batik karya siapakah yang telah membuat Nelson Mandela jatuh cinta. Kabarnya batik Iwan Tirta-lah yang pertama kali membuat Mandela jatuh hati.

Nelson Mandela memang memiliki banyak batik, tapi ternyata, koleksi batik sang Madiba, panggilan akrab Mandela, didominasi oleh kemeja batik rancangan maestro batik Iwan Tirta.

Lanjutkan Membaca ↓