4 Akibat Ini Bakal Kamu Tanggung Kalau Kekurangan Vitamin C

Karla Farhana20 Jul 2018, 10:26 WIB
Miliki Kulit Sehat dengan Konsumsi Vitamin C dan E (Evan Lorne/Shutterstock)

Bintang.com, Jakarta Di antara vitamin yang lain, vitamin C memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Berasal dari berbgaai buah-buahan yang umumnya bersifat sitrus dan terasa asam, vitamin ini memiliki banyak kegunaan.

Seperti menjaga daya tahan tubuh , serta menyembuhkan sariawan. Dilansir dari Halo Sehat, setiap orang membutuhkan 1000 mg vitamin C per harinya.

Namun sayang, manusia tak bisa memproduksi vitamin C. Hal ini pun dibenarkan ahli gizi dr. Marya Haryono, Sp. GK.

“Tidak seperti binatang, manusia tidak bisa memproduksi vitamin C seniri. Makanya, kita membutuhkan asupan vitamin C dari buah-buahan dan juga sayuran,” katanya pada saat acara peluncuran Ornonamin C pada Kamis (5/7/2018) di kawasan Jakarta Pusat.

Ketika tubuh tak mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, akan ada beberapa dampak pada tubuh. Beberapa gangguan kesehatan bahkan akan muncul karena kekurangan vitamin ini.

Anemia

Mengenal Anemia Sel Sabit Lebih Dekat (extender_01/Shutterstock)
Mengenal Anemia Sel Sabit Lebih Dekat (extender_01/Shutterstock)

Kekurangan asupan vitamin C bisa membuatmu mengalami anemia atau kekurangan darah. Pasalnya, penyakit yang disebabkan kekurangan zat besi ini membutuhkan vitamin C juga untuk membantu penyerapan dari zat besi dalam tubuh.

Dengan kata lain, penyerapan dari zat besi tersebut akan sulit dilakukan kalau tubuh mengalami kekurangan vitamin C. Akibatnya, kamu akan mengalami anemia.

Kulit Kering

Perawatan wajah kusam dan kulit kering
Berikut perawatan wajah yang dapat mengatasi kulit kering dan kusam. (Foto: instagram/ luxcrime_id)

Kulit kering biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin E atau juga asupan air mineral. Namun, kekurangan vitamin C juga bisa membuat kulit kering.

Dilansir dari salah satu media online, hal ini bisa terjadi karena vitamin C berperan menjaga kesehatan kulit yang terpapar sinar UV. Sehingga, ketika kulitmu terlalu banyak terpapar sinar matahari, kulit akan kurang terlindungi tanpa asupan vitamin C yang cukup.

Luka Sulit Sembuh

6 Penyebab Mengapa Luka Sulit Sembuh
6 Penyebab Mengapa Luka Sulit Sembuh

Selain meningkatkan imun tubuh, vitamin C ini juga berperan dalam pembentukan kolagen. Nah, kolagen sendiri dibutuhkan untuk menyembuhkan luka.

Kalau kamu kekurangan vitamin C, luka akan cenderung lama untuk sembuh dan menutup.

Lanjutkan Membaca ↓