Sukses

Lifestyle

3 Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas Buat Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Berjalan kaki tanpa alas nampaknya sudah dilupakan banyak orang. Padahal, nenek moyang dahulu berjalan kaki tanpa alas alias nyeker bahkan saat bekerja. 

Namun, karena nyeker sering bikin telapak kaki kasar dan bahkan luka akibat batu dan benda tajam di jalanan. Selain itu, terik matahari juga bisa membuat jalanan menjadi sangat panas. Sehingga bisa membuat telapak kaki merah dan iritasi. 

Akhirnya, seiring dengan diciptakannya alas kaki, banyak orang yang kemudian mengenakan alas kaki. Dilansir dari Hello Sehat, sudah jarang orang kini berjalan kaki di alam terbuka tanpa alas kaki. 

Padahal, nyeker itu lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan risikonya, lho! Kamu cuma tinggal memilih jalanan yang aman. Seperti pasir pantai yang nggak ada banyak karang dan juga cangkang kerang. Atau di atas batu-batu kecil yang nggak tajam. 

Kamu yang sudah jarang jalan kaki tanpa alas kaki, harus menyimak bahasan mengenai 3 manfaat nyeker buat kesehatan, dilansir dari Hello Sehat. 

Tingkatkan Sirkulasi Darah

Berjalan kaki tanpa alas bukan olahraga? Justru, untuk bisa berjalan dengan seimbang, kamu bukan cuma menggunakan otot betis dan juga paha.  

Tapi juga menggunakan otot tambahan di kaki dan tungkai kaki agar tubuh tetap seimbang. Dengan aktifnya otot tambahan tersebut, kamu sama saja dengan berolahraga. Dengan berjalan kaki, kamu juga memperlancar sirkulasi darah di area kaki. 

Refleksologi Gratis

Pada telapak kaki, ada titik-titik yang terkoneksi dengan berbagai organ pada tubuh. Ada yang terkoneksi pada seluruh organ sistem pencernaan, mata, telinga, dan juga jantung. 

Nah, dengan berjalan kaki tanpa alas di atas kerikil kecil yang halus, kamu seperti dipijat telapak kakinya. Di Cina, banyak jalan setapak yang memang sengaja dibuat dengan penuh batu-batu kecil. Banyak orang yang berjalan di atasnya tanpa alas kaki. 

Baik untuk Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Alternative and Complementary Meedicine, menunjukkan kalau berjalan kaki tanpa alas kaki bisa mengurangi pembekuan dan pengentalan darah. 

Sehingga, darah menjadi lancar keluar dan masuk melalui jantung. Dengan begitu, jantung dapat terpelihara dengan baik dan jauh dari berbgaai penyakit. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading