Serba-serbi Diet Keto yang Lagi Jadi Tren di 2018

Gadis Abdul26 Jul 2018, 10:23 WIB
[Bintang] Serba-serbi Diet Keto yang Lagi Jadi Tren di 2018

Bintang.com, Jakarta Berhasil menurunkan berat badan bisa jadi adalah cita-cita yang dimiliki oleh banyak perempuan di luar sana setiap tahunnya. Ya, meskipun menurunkan berat badan sudah menjadi daftar “abadi” dari sebuah resolusi tahunan, namun tetap saja banyak perempuan yang tidak berhasil mewujudkan cita-cita tersebut. Sudah mencoba diet keto?

Kalau dipikir-pikir diet itu memang mudah hanya persoalan menahan nafsu makan dan olahraga yang dilakukan nggak lebih dari dua jam dalam sehari. Tapi, pada kenyataannya, meskipun sudah terbiasa menjalankan puasa, tapi menahan nafsu makan ternyata sangat sudah, apalagi di saat di luar sana banyak sekali makanan-makanan enak yang terus membayangi.

[Bintang] Serba-serbi Diet Keto yang Lagi Jadi Tren di 2018
Ilustrasi diet keto. (Foto: Pexels.com)

Bagaimana dengan olahraga? Menyisakan waktu selama dua jam dalam sehari ternyata sangat sulit, padahal dalam sehari kita memiliki waktu 24 jam lho. Ya, banyak alasan yang akhirnya mengundur waktu untuk olahraga, hingga akhirnya tidak olahraga dan lupa sama yang namanya diet atau menerapkan gaya hidup sehat.

Kalau kamu termasuk ke dalam orang-orang yang susah sekali untuk menurunkan berat badan, maka nggak ada salahnya untuk kamu mencoba diet keto. Ya, pastinya sih kamu sudah nggak asing lagi dengan diet yang satu ini. Di 2018 ini diet keto memang tengah menjadi tren dan yang paling banyak dicoba.

Buat yang belum tahu, diet keto atau diet ketogenik adalah metode diet yang menerapkan pola makan rendan karbohidrat dan tinggi lemak. Jika normalnya konsumsi lemak sekitar 20-30%, maka diet keto menganjurkan asupan lemak mencapai 60-70%. Pola makan yang tidak biasa kamu lakukan itu mungkin akan memberikan efek pada tubuh kamu, sehingga sebelum melakukan diet keto sebaiknya kamu melakukan beberapa persiapan.

2 of 4

1. Ketahui Apa yang Boleh Kamu Makan dan Tidak Boleh

[Bintang] Serba-serbi Diet Keto yang Lagi Jadi Tren di 2018
Ilustrasi diet. (Foto: Pexels.com)

Diet keto memang sangat membatasi konsumsi karbohidrat, nah, hal tersebut tentunya sulit kamu lakukan, apalagi buat kamu yang punya prinsip “belum makan kalau belum makan nasi”. Nggak cuma nasi, makanan yang mengandung karbohidrat juga banyak lho, yakni roti, pasta, keripik, kue, permen, dan es krim.

Ya, semua makanan yang enak-enak tersebut harus kamu tinggalkan saat kamu menjalankan diet keto. Karena kamu adalah orang yang paling tahu kondisi tubuhmu, maka nggak ada salahnya untuk mencoba diet keto secara perlahan atau tidak langsung secara penuh untuk mengetahui kondisi tubuh kamu kuat atau tidak.

3 of 4

2. Makanan yang Dimakan Saat Diet Keto

[Bintang] Serba-serbi Diet Keto yang Lagi Jadi Tren di 2018
Ilustrasi diet. (Foto: Pexels.com)

Kamu yang ingin menjalani diet keto harus menghindari konsumsi gula dan karbohidrat. Makanan-makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat menjalani diet keto, yakni makanan yang mengandung banyak protein, lemak sehat dan nutrisi.

Beberapa makanan yang disarankan untuk yang sedang menjalani diet keto adalah telur, alpukat, sayuran hijau, keju, dada ayam, ikan, tahu dan tempe. Masih terasa nikmat, kan? Tapi, jangan salah dalam mengelola makanan tersebut lho. Sebagai contoh, ukan tuna, salmon, sarden, dan tongkol bisa dimasak dengan menggunakan minyak zaitun atau dikukus.

4 of 4

3. Diet dalam Jangka Pendek

[Bintang] Serba-serbi Diet Keto yang Lagi Jadi Tren di 2018
Ilustrasi diet. (Foto: Pexels.com)

Yang perlu diingat adalah diet keto bukanlah diet yang dilakukan selamanya. Diet keto adalah sebuah metode diet yang dirancang untuk jangka pendek. Dalam setahun sebaiknya kamu hanya beberapa kali melakukan diet keto, untuk lebih amannya kamu minta saran dari dokter ya.

Nah, buat kamu yang sudah berhasil menjalani diet keto dan sudah mendapatkan berat badan yang diinginkan, maka sebaiknya kamu jangan langsung kembali ke pla makan lama yang “sembarangan” itu. Kalau kamu kembali ke pola makan lama, maka berbagai hal yang kamu lakukan saat diet keto pasti akan percuma.

Sebagai catatan penting yang nggak boleh kamu lupakan adalah diet keto bukan hanya sekadar metode diet untuk menurunkan berat badan, tetapi diet keto adalah batu loncatan untuk memperbaiki kesehatan jangka panjang.

Lanjutkan Membaca ↓