Eksklusif Rossa, Antara Karier, Bisnis dan Mendidik Anak

Syifa Ismalia30 Jul 2018, 08:00 WIB
[Bintang] Rossa

Fimela.com, Jakarta Bukan persoalan mudah menyelaraskan urusan karier sebagai penyanyi profesional dan menjalankan dunia bisnis, dengan kewajiban sebagai seorang ibu mengasuh anak. Namun ternyata semua itu bisa dilakoni Rossa. Seperti apa ia berbagi peran dengan mantan suami?

***

Rossa bisa dibilang mulus dalam hal kariernya. Bahkan lebih dari 20 tahun karyanya dalam industri musik di Indonesia namanya terus eksis. Pelantun tembang Tegar ini seperti  tembang yang ia nyanyikan. Terus tegar kendati banyak “gempuran” penyanyi anyar.

[Bintang] Rossa
Rossa punya cara membagi perhatian untuk karier, bisnis dan anak. (Foto: Bambang E. Ros/MUA: Bubah Alfian/Hairdo: Ririnu Yuka/ Stylist: Indah Wulansari/ Busana: Rinda Salmun/ DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Meski karier bermusik melesat, namun tidak untuk hal percintaan. Hingga kini ia masih menikmati masa jandanya. Dirinya memang sempat menikah dengan drumer Padi, Surendro Prasetyo atau lebih dikenal Yoyo pada 18 Maret 2004 di Sumedang. Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai satu orang anak laki-laki yang dinamai Rizky Langit Ramadhan.

Namun sayang pernikahan mereka memang tak berjalan lama, pasalnya Rossa menggugat cerai Yoyo. Pada 14 Juli 2009 majelis hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai yang diajukan Rossa. Hak asuh anak pun jatuh ketangan pelantun tembang Tegar tersebut.

[Bintang] Rossa
Rossa punya cara membagi perhatian untuk karier, bisnis dan anak. (Foto: Bambang E. Ros/MUA: Bubah Alfian/Hairdo: Ririnu Yuka/ Stylist: Indah Wulansari/ Busana: Rinda Salmun/ DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Meski sudah bercerai, Rossa dan Yoyo tetap dekat. Bahkan, saat Rossa tak ada dirumah, Yoyo menemani anak sematawayangnya dengan wanita bertubuh mungil itu. "Gampang sih buat aku (ngurus anak), aku dan Yoyo enggak musuhan. Kalau aku engga di rumah, Yoyo di rumah bahkan nginep di sini kalau aku sedang ada job luar kota," kata Rossa saat ditemui Bintang.com, di kediamannya, Kemang, Jakarta Selatan, (21/7/2018).

Lantas seperti apa ya kedekatan anak Rossa dengan dirinya dan Yoyo?

Rossa Tetap Beri Waktu Mantan Suami untuk Bertemu Anaknya

[Bintang] Rossa
Rossa punya cara membagi perhatian untuk karier, bisnis dan anak. (Foto: Bambang E. Ros/MUA: Bubah Alfian/Hairdo: Ririnu Yuka/ Stylist: Indah Wulansari/ Busana: Rinda Salmun/ DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Diakui Rossa hubungannya dengan mantan suami sudah seperti adik dan kakak usai keduanya bercerai. Tak ada pertikaian yang sangat berlebihan. Bahkan dirinya justru tetap mendidik anaknya bersama sang mantan suami.

Bagaimana cara mendidik Rizky sedangkan Anda sendirian?

Gampang sih buat aku, aku dan Yoyo engga musuhan. Kalau aku egga di rumah saat ada job di luar kota, Yoyo dirumah bahkan nginep di sini. 

Pernah berpikir kalau Rizky akan tetap bersamamu dibandingkan Yoyo?

Aku juga bukan orangtua yang berpikir kalau Rizky harus dekat sama aku bukan ayahnya gitu. Soalnya kalau gitu, orangtua sudah gagal. Namun jadi orangtua itu ngga boleh gagal. Harus tetap kasih buat anaknya saja.

[Bintang] Rossa
Rossa punya cara membagi perhatian untuk karier, bisnis dan anak. (Foto: Bambang E. Ros/MUA: Bubah Alfian/Hairdo: Ririnu Yuka/ Stylist: Indah Wulansari/ Busana: Rinda Salmun/ DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Rizky suka diajak jalan sama Yoyo?

Wah sering banget, kita bukan orang yang sampai hari ini jalan sama saya, besok sama bapaknya. Ngga sih kita ngga begitu.

Kedekatan kamu sendiri dengan Rizky?

Dekat banget aku sama Rizky. Bahkan kaget sekarang dia sudah besar sekali ya. Sudah kelas 6 SD sekarang ya ampun.

Takut sama pergaulan Rizky?

Mudah-mudahan bisa kasih pendidikan agama yang baik. Sebenarnya internet sih yang paling banyak menerima input dari Youtube. Paling utu aja yang diawasi. Kalau solat alhamdulillah ya.

[Bintag] Rossa
Rossa punya cara membagi perhatian untuk karier, bisnis dan anak. (Foto: Bambang E. Ros/MUA: Bubah Alfian/Hairdo: Ririnu Yuka/ Stylist: Indah Wulansari/ Busana: Rinda Salmun/ DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Rizky dibatasi pegang handphone?

Iya di batasin. Cuma sulitnya tugas sekolah harus pakai whatsapp. Gimana kita mau membatasi tapi ya sudahlah.

Khawatir anak sudah mulai genit ke lawan jenis?

Aduh itu mah halu-nya si Rizky aja deh. Biar dibilang keren. Ngga ada juga sih. Aku tahu teman-temannya yang masih kecil gitu dan nggak banyak gaya-gayaan sih.

Masa sulit kamu tuh apa sih?

Ya paling pas lagi perceraian, kalau dibilang sulit engga sulit juga. Medai juga banyak bantu aku. Aku dan Yoyo memang sepakat cerai. Sama media kita jelasin. Bahkan preskon selalu berdua, pengadilan juga berdua. Jadi alhamdulillah jadi kayak keluarga engga pernah kepikiran. Aku malah ngga kepikiran dia mantan suami. Kayak adik kakak gitu. Yoyo punya pacar bilang ke aku, aku juga begitu. Jadi memang kayak ngga ada gap-lah. Ngga mempersulit sih.

Anak Ikut Terlibat di Bisnis Baru Rossa

[Bintang] Rossa
Rossa punya cara membagi perhatian untuk karier, bisnis dan anak. (Foto: Bambang E. Ros/MUA: Bubah Alfian/Hairdo: Ririnu Yuka/ Stylist: Indah Wulansari/ Busana: Rinda Salmun/ DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Tak hanya pandai bernyanyi saja. Rossa juga dikenal sebagai salah satu selebriti yang memiliki banyak bisnis loh. Mulai dari pakaian, makanan hingga bisnis karoke.

Kamu suka bisnis ya?

Aku senang bisnis, bahkan apapun kalau bisa aku bisnisin biar balik uang lagi.

Bisnis apa saja sih?

Bisnis aku tuh beragam dari tahun 2011 aku dan partnerku, Diva Karoke, pernah brand baju kain sampai sekarang masih ada, kue oleh-oleh di Padang dan hanya ada di Sumatera Barat. Alhamdulillah itu juga ternyata banyal peminatmya, sekarang sudah 4 outlet.

Boleh jelasin produk yang laris manis?

Kalau produk pertama itu aku ngeluarin Rossa beauty, itu sudah dari tahun lalu. Mungkin sekarang sudah dua tahun ya. Alhamdulillah sudah banyak mambernya. Sekitar 600 - 700 orang reseller. Itu baru Jawa, Sumatera kecil gitu. Tapi kita di Jakarta sudah ada tempat buat naro baramg-barang disana. Barangnya belum banyak. Tapi sudah mau menambah koleksi, sekarang ada 10 warna lipstik, bedak, dan parfum.

[Bintang] Rossa
Rossa punya cara membagi perhatian untuk karier, bisnis dan anak. (Foto: Bambang E. Ros/MUA: Bubah Alfian/Hairdo: Ririnu Yuka/ Stylist: Indah Wulansari/ Busana: Rinda Salmun/ DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Kalau tahun ini bisnis apa?

Tahun ini mengeluarkan brand baru, baju anak yang berkolaborasi dengan Ivan Gunawan dengan nama Minimie.

Kenapa bisnis baju anak?

Ide awalnya itu kan Ivan punya brand Mandja yang kerudung itu ya. Sudah banyak juga sekarang. Nah terkadang ibu-ibu suka mau nyamain barang-barangnya dengan anaknya. Jadi kita buat brand baju anak karena aku fikir ada satu kolerasi. Bahkan storenya ini berseblahan sama Mandjah. Jadi bisa one stop deh. Lebih kepada baju muslim, anak-anak sehari. Itu yang baru di launching si ya. Dan soft launchingnya baru di Bandung.

[Bintang] Rossa
Rossa punya cara membagi perhatian untuk karier, bisnis dan anak. (Foto: Bambang E. Ros/MUA: Bubah Alfian/Hairdo: Ririnu Yuka/ Stylist: Indah Wulansari/ Busana: Rinda Salmun/ DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Keterlibatan anak di Minimie?

Rizky senang banget gambar, aku liat seru banget, akhirnya gimana ya caranya bakat dia dinikmati banyak orang ini. Akhirnya aku pikir aku print saja si kaos jadi nanti ada karakternya yang dibuat Rizky.

Ada bakat jadi model?

Dia engga seneng foto. Tapi aku iming-imingi nanti bakal ada bayarannya jadi bisa buat beli mainan. Jadi dia mau deh difoto.

Lanjutkan Membaca ↓