Sukses

Lifestyle

Benarkah Diet Vegan Bisa Sembuhkan Psoriasis?

Fimela.com, Jakarta Psoriasis, gangguan kesehatan di mana kulit mengalami peradangan dianggap tak bisa disembuhkan. Namun, banyak penderita psoriasis yang mengaplikasikan krim kulit khusus untuk meredakan gejalanya. 

Biasanya, pada ruam-ruam merah dan kulit terkelupas terasa gatal dan kering. Kadang, rasa gatal ini bisa mengganggu karena bisa terjadi kapan saja, bahkan pada saat tidur. 

Meskipun gangguan kesehatan kulit ini dianggap banyak dokter dan parah ahli kesehatan kulit tak bisa disembuhkan, ternyata ada banyak pasien yang mengalami perubahan pada kulitnya setelah menjalani diet. 

Dilansir dari Everyday Health, psoriasis ternyata bisa diredakan dan disembuhkan dengan diet vegan. Seorang ahli diet teregistrasi Deirdre Earls, RD, LD, pertama kali tahu dirinya menderita psoriasis pada usia 10 tahun. 

Namun, pada saat perempuan asal Austin, Texas, Amerika Serikat ini hampir berumur 40 tahun, dia mengubah pola makannya secara total. Dari yang tadinya makan banyak daging, dia kemudian mulai meninggalkannya dan beralih pada buah dan sayur-sayuran. 

Ternyata, diet vegan yang pantang mengonsumsi produk olahan susu dan daging-dagingan ini menjadi pondasi utama Deirdre untuk menyembuhkan psoriasisnya. 

Kenapa Vegan Bisa Sembuhkan Psoriasis?

 

Jadi, psoriasis pada dasarnya adalah inflamasi. Jadi, untuk menghentikan gejala-gejala psoriasis, kamu harus menghentikan inflamasi tersebut. 

"Psoriasis merupakan kondisi inflamasi, jadi lakukan apa pun yang kamu bisa untuk meredakan inflamasi tersebut," kata Valori Treloar, MD, seorang ahlo dermatologi di Newton, Massachusetts, Amerika serikat kepada Everyday Health. 

Sementara itu, diet makanan yang berbahan dasar tanaman ini bisa membantu penderita meredakan gejalanya. Selain itu, sudah banyak studi yang menunjukkan kalau asam lemak omega-3 memiliki anti inflamasi yang bermanfaat bagi untuk meredakan inflamasi dan gangguan autoimun. 

Gimana Memulai Diet Vegan?

Untuk pemula, menjalani diet vegan itu nggak mudah. Banyak orang yang perlahan-lahan saat transisi sebelum benar-benar jalani diet vegan. 

Namun, Dreidre memutuskan untuk benar-benar langsung berubah. Ada beberapa kunci yang dijalaninya untuk menjalani vegan. Pertama, dia sama sekali nggak makan makanan yang sudah diolah atau diproses. Jadi, semua makanan yang masuk ke dalam tubuhnya adalah sayuran serta buah-buahan segar. 

Karena hal itu sangat sulit, jadi dia menukar makanan yang sudah diolah dengan buah dan sayuran. Selain itu, dia juga fokus pada makanan segar yang kaya akan antioksidan. 

Seperti berries. Namun, dia juga tak lupa dengan kunci kedua, yaitu makanan 'warna-warni.' Bukan berarti dia menggunakan zat pewarna, tapi yang dia maksud adalah memasukkan berbagai macam sayur dan buah-buahan. Meski kadang ada yang nggak dia suka. 

Meski membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama, psoriasis yang dialami Deidre perlahan berkurang hingga akhirnya kulitnya bersih kembali tanpa ruam merah dan penebalan.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading