Sukses

Lifestyle

Momo Challenge Berbahaya, Orangtua Diminta Waspada

Fimela.com, Jakarta Momo Challenge, sebuah tantangan baru yang muncul di WhatsApp dan kini tengah viral ini sedang menjadi sorotan masyarakat dibeberapa negara. Dilansir The Sun, Senin (6/8/2018), tantangan tersebut dinilai sangat berbaha karena dapat membuat pengikutnya memutuskan untuk melakukan percobaan bunuh diri.

Polisi Argentina mengaitkan tantangan tersebut dengan seorang remaja berusia 12 tahun. Dan ditakutkan jika tantangan tersebut akan banyak memakan korban lagi. Negara-negara yang kini tengah berusaha memerangi Momo Challenge, yakni Meksiko, Argentina, Amerika Serikat, Prancis, dan Jerman.

Masyarakat di negara-negara tersebut menganggap Momo Challenge mirip sekali dengan tantangan yang sebelumnya juga sempat viral, yakni Blue Whale Challenge yang telah dilaporkan memakan 130 korban bunuh diri di Rusia. Menurut Daily Mail, mereka yang ingin melakukan Momo Challenge akan ditantang untuk menghubungi “Momo”.

Momo sendiri digambarkan sebagai sosok perempuan aneh dengan mata melotot dan senyuman lebar seperti membentuk huruf V. Jika dilihat foto profilenya para pengguna akan dengan jelas melihat sosok Momo yang sebenarnya sosok perempuan menyeramkan itu adalah karya seniman boneka Jepang yang sangat terkenal, yaitu Midori Hayashi.

Setelah menghubungi Momo nantinya para pengikut Momo Challenge akan dihujani dengan berbagai macam pesan teks dan gambar yang sangat menakutkan. Para orangtua pun diminta untuk terus mengawasi anak-anak mereka. Polisi Spanyol telah memperingatkan “untuk lebih baik mengabaikan tantangan tidak masuk akal yang muncul di WhatsApp”.

“Jangan bergabung dengan Momo Challenge. Jika kamu mencatat nomor lalu akan melihat wajah perempuan yang aneh, itu adalah virus WhatsApp terbaru yang kini populer di kalangan remaja,” jelas pihak kepolisian Spanyol di Twitter.

Pernyataan Pihak WhatsApp Terkait Momo Challenge

Momo adalah nama akun media sosial yang kehadirannya terlihat dibeberapa jaringan seperti WhatsApp, Facebook, dan YouTube. Dilansir dari The Sun, menurut Unit Investigasi kejahatan Komputer di negara bagian Meksiko, Tabasco, permainan tersebut dimulai di Facebook. Namun kini tantangan tersebut memang lebih banyak beredar di WhatsApp.

Terkait hal tersebut, WhatsApp telah memberikan pernyataannya. Dilansir dari Fox News, juru bicara WhatsApp menjelaskan bagaimana tanggapan WhatsApp terkait tantangan yang kini sangat meresahkan masyarakat.

“WhatsApp tentunya sangat peduli terkait keamanan para user. Mudah untuk memblok nomor handphone manapun lewat WhatsApp, dan kami mengajak user untuk melaporkan pesan yang menimbulkan masalah seperti ini kepada kami agar bisa kami tindak lanjuti,” jelas juru bicara WhatsApp.

Mendapatkan Pesan Bernada Ancaman

BBC melaporkan jika ada tujuh nomor telepon dengan kode berasal dari Jepang yang telah dicurigai merupakan awal dari Momo Challenge. "Semuanya berawal dari grup Facebook, di mana para partisipan ditantang untuk mulai berkomunikasi dengan nomor tak dikenal," demikian pernyataan dari Unit Investigasi Kejahatan Komputer Negara Bagian Tabasco, Meksiko.

Setelah berkomunikasi dengan nomor tak dikenal para pengikut Momo Challenge akan menerima balasan yang mengerikan, termasuk dengan berbagai ancaman. "Beberapa pengguna menjelaskan, jika mereka mengirim pesan ke Momo melalui handphone, balasannya berupa gambar kekerasan dan agresif, serta beberapa pesan bernada ancaman."

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading