Sukses

Lifestyle

Cewek Harus Tahu, 3 Penyebab Puting Payudara Gatal

Fimela.com, Jakarta Puting payudara kadang terasa gatal. Biasanya, hal ini terjadi ketika kam masih rejama. Rasa gatal ini dulu dipercaya sebagai tanda payudara akan tumbuh semakin besar. 

BACA JUGA

Tapi, gimana kalau puting gatal pada saat kamu sudah dewasa? Ternyata, dalam bberapa kasus puting gatal itu nggak berbahaya. 

Salah satunya, Mastitis. Gangguan kesehatan yang dialami ibu menyusui ini sering terjadi. Dilansir dari Alo Dokter, hal ini terjadi karena peradangan yang dipicu oleh adanya penyumbatan saluran air susu. 

Mastitis juga bsia terjadi karena adanya infeksi bakteri pada jaringan payudara. Sehingga, puting payudara terasa gatal, bengkak, dan juga nyeri serta perih saat menyusui. 

Lantas, apa lgi yang menyebabkan puting payudara menjadi gatal? Berbahayakah kalau kamu yang belum hamil mengalami gangguan ini?

Tergesek Pakaian

Jangan langsung panik apalagi mengira puting gatal sudah pasti merupakan tanda sebuah penyakit. Soalnya, bisa jadi rasa gatal tersebut disebabkan karena puting bergesekan dengan bahan baju atau bra yang yang kasar. 

Biasanya, hal ini terjadi ketika kamu mengenakan pakaian tanpa bra. Karena itu, kalau kamu sedang nggak pakai bra, lebih baik pilih pakaian yang berbahan lembut seperti katus, sutra, atau juga satin. 

atau Kanker?

Kanker payudara memiliki sejumlah gejala atau tanda. Salah satunya, puting terasa gatal. Tapi jangan panik dulu, girls. Ada banyak gejala lainnya seperti munculnya warna kemerahan pada kulit payudara. 

Juga adanya benjolan pada area payudara atau sekitar puting. Jadi, kamu boleh waspada kalau bukan cuma rasa gatal yang muncul tapi juga bersamaan dengan gejala kanker payudara lainnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading