3 Bahan Alami yang Redakan Radang Tenggorokan

Karla Farhana09 Agu 2018, 10:16 WIB
Radang Tenggorokan atau Radang Amandel, Apa Bedanya? (Puhhha/Shutterstock)

Bintang.com, Jakarta Radang tenggorokan mungkin terdengar sepele. Namun, gangguan penyakit ini sangat mengganggu aktivitas. Soalnya, selain membuatmu nggak nyaman, rasa sakit muncul setiap kali kamu hendak menelan makanan atau minuman. 

Belum lagi radang tenggorokan yang disertai pusing, sakit kepala, dan juga demam. Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik untuk mengobati radang tenggorokan. 

Soalnya, Merdeka.com menulis, radang tenggorokan sebenarnya bukan penyakit, namun gejala. Jadi, nggak semua kasus sakit tenggorokan bisa disebut radang. 

Soalnya, radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus. Atau juga bisa disebabkan oleh inflamasi gara-gara adanya infeksi virus. 

Selain obat dari dokter, ternyata gejala radang tenggorokan bisa kamu redakan dengan menggunakan berbagai bahan alami, lho! Tak perlu susah-susah mencari, bahan-bahan alami ini bisa kamu temukan dengan mudah di dapur. 

2 of 4

Air Garam

Ilustrasi Radang Tenggorok
Ilustrasi Radang Tenggorok

Air garam ternyata memiliki banyak manfaat. Bukan cuma sebagai obat alami sakit gigi akibat bakteri, air garam juga bisa meredakan gejala radang tenggorokan. 

Health menulis, beberapa studi telah menunjukkan kalau berkumur dengan air garam beberapa kali sehari bisa mengurangi bengkak di tenggorokan. Juga membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan iinfeksi dan iriasi. 

 

3 of 4

Kunyit

Benarkah Kunyit Bisa Sembuhkan Kanker Hati? (Tarapong Srichaiyos/Shutterstock)
Benarkah Kunyit Bisa Sembuhkan Kanker Hati? (Tarapong Srichaiyos/Shutterstock)

Selain air garam, kunyit jusa bisa meredakan gejala. Karena kunyit mengandung antioksidan yang sangat kuat. Hello Sehat menulis, air kunyit juga bsia memerangi banyak kondisi gangguan tenggorokan yang cukup serius. 

Kamu cuma butuh 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam. Kemudian seduh dengan air hangat. Gunakan untuk berkumur beberapa kali dalam sehari. 

4 of 4

Jus Lemon

lemon
Kulit lemon adalah gudang Vitamin c oleh karena itu mereka dapat membantu untuk memberikan cahaya yang bagus untuk kulit. (foto: Istockphoto)

Lemon telah lama dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Selain itu, lemon juga akan menciptakan lingkungan asam yang bisa mematikan virus dan juga bakteri di tenggorokan. 

Kamu cuma butuh satu sendok teh jus lemon atau air perasannya. Kemudian, seduh dengan air hangat. Gunakan untuk berkumur. 

Lanjutkan Membaca ↓
short desc
5Y Ago

Salah satu penyebab Anda susah move on adalah karena Anda belum berdamai dengan masa lalu bersama mantan. Mari mulai move on dengan beberapa cara ini. 

Selengkapnya
short desc
short desc
5Y Ago

Bulan madu adalah saat yang paling membahagiakan bagi pasangan pengantin baru. Kecuali bagi 6 pasangan berikut ini. Kok bisa? Simak ceritanya berikut ini. 

Selengkapnya
short desc
short desc
5Y Ago

Kekuatan cinta membuat pria ini melamar kekasihnya dengan cara yang romantis.

Selengkapnya
short desc
short desc
5Y Ago

Ada banyak cara mengungkapkan perasaan Anda, salah satunya dengan menulis surat cinta. 

Selengkapnya
short desc
5Y Ago

Saat Anda mulai dekat lagi dengan mantan, apa yang harus Anda lakukan? 

Selengkapnya