Sukses

Lifestyle

HUT Pramuka 2018: Netizen Ramai-ramai Ucapkan Selamat Hari Pramuka di Twitter

Fimela.com, Jakarta HUT Pramuka 2018 dan Selamat Hari Pramuka kini tengah ramai dikicaukan oleh masyarakat dunia maya, khususnya di Twitter. Ya, hari ini, 14 Agustus 2018 adalah hari yang istimewa untuk anak-anak Pramuka di Indonesia pasalnya hari ini Pramuka merayakan ulang tahunnya yang ke-57 tahun.

Dilansir dari Pramuka.or.id, Selasa (14/8/2018), Meskipun Gearakan Pramuka keberadaannya ditetapkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961, namun secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Republik Indonesia menganugrahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Sejak itulah maka tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka sendiri memiliki lambing gambar silhouette tunas kelapa. Lambang gerakan Pramuka tersebut diciptakan oleh Sumardjo Atmodipuro yang merupakan seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai Pegawai Tinggi Departemen Pertanian.

Dan di bawah ini adalah sederet ucapan selama Hari Pramuka dari netizen di Twitter…

#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

Untuk menyambut peringatan HUT Pramuka 2018 siapa yang masih ingat sama tepuk Pramuka? Sekali lagi, selamat Hari Pramuka

 

Arti Lambang Gerakan Pramuka

Dilansir dari laman Pramuka.or.id, Selasa (14/8/2018), di bawah ini adalah arti Lambang Gerakan Pramuka, yakni gambar silhouette Tunas Kelapa.

1. Buah kelapa/nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan “CIKAL”, dan istilah “cikal bakal” di Indonesia berarti: penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru. Jadi buah kelapa/nyiur yang tumbuh itu mengandung kiasan bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup Bangsa Indonesia.

2. Buah kelapa/nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah seorang yang rokhaniah dan jasmaniah sehat, kuat, ulet, serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi Tanah Air dan bangsa Indonesia.

3. Kelapa/nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya. Jadi melambangkan, bahwa tiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaiaman juga.

4. Kelapa/nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohan yang tertinggi di Indonesia. Jadi melambangkan, bahwa tiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan ia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

5. Akar Kelapa/nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan, tekad dan keyakinan tiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.

6. Kelapa/nyiur adalah pohon yang serba guna, dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan, bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaanya kepada kepentingan Tanah air, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading