Sukses

Lifestyle

Hidung Tersumbat, 2 Cara Alami Atasi Flu

Fimela.com, Jakarta Ada dua kondisi yang sangat mengganggu saat kamu terserang flu. Pertama, hidung yang terus berair yang kadang bikin kamu nggak bisa lepas dari masker dan juga tisu. Soalnya, kalau nggak ditutup, hidung pasti bakal terus meler dan nggak berhenti. 

Nah, kondisi kedua, hidung mampet atau tersumbat. Saking tersubatnya, kadang kamu harus bernapas dengan salah satu lubang hidung saja. 

Kondisi ini masih lebih baik dari pada ketika kedua hidung juga tersumbat. Alhasil, mau nggak mau kamu harus bernapas dengan mulut. 

Hidung tersumbat benar-benar nggak enak. Apa lagi pada saat kamu tidur. Selain tidur nggak nyenyak, asupan oksigen pun jadi berkurang karena kamu bernapanya nggak normal. Lewat mulut, bukan bernapas biasa lewat hidung. 

Ada banyak obat yang bisa mengatasi kondisi ini. Tapi, kalau terus-terusan minum obat akan ada efek samping yang muncul, lho! Lebih baik atasi hidung tersumbat dengan bahan-bahan alami, girls. 

Sup Panas

Untuk menghilangkan sumbatan pada saluan hidung, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan dan minuman hangat. Karena, uapnya akan membantu mencairkan lendir yang menyumbat saluran tersebut. 

Selain itu, Everyday Health menulis, kamu juga bisa minum teh hangat atau susu hangat. Mengonsumsi cairan hangat akan membantu memperlancar pernapasan dan menghentikan hidung tersumbat. 

 

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Hidung tersumbat yang disebabkan karena flu dan demam biasanya terjadi karena masalah kekebalan tubuh. Ketika tubuh sedang nggak fit, flu dan demam mudah menyerang. 

Nah, kalau ini penyebabnya, kamu bisa meredakan gejala dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan vitamin. Minum air perasan jeruk yang dicampur dengan air hangat 3 kali sehari, hingga gejala mereda. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading