Video Opening Ceremony Asian Games 2018 Jadi Bukti, Jokowi Presiden Paling Hip Indonesia Pernah Miliki

Stanley Dirgapradja19 Agu 2018, 10:00 WIB
Instagram: Jokowi Cerdas

Fimela.com, Jakarta Kalau melihat opening ceremony Asian Games 2018 tadi malam, pasti sepakat bahwa semua rangkaiannya berlangsung dengan sangat spektakuler. Bahkan dari pembukaannya. Semua orang tahu, Presiden Jokowi akan mengambil peran penting dalam opening ceremony Asian Games 2018, tapi tak ada yang tahu sejauh mana beliau akan ambil bagian. Sampai video keren itu ditayangkan.

Terima kasih atas ide kreatif Wishnutama, yang mengambil peran creative director dalam proyek raksasa ini, Jokowi nampak mampu diyakinkan banyak pihak untuk meluangkan waktunya - di tengah semua agendanya yang pasti sangat sibuk sebagai kepala negara - mengikuti proses pengambil gambar dengan plot cerita yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dari video diceritakan, Jokowi sedang menuju Stadion GBK untuk mengikuti opening ceremony Asian Games 2018. Namun ia terjebak demonstrasi warga. Beliau kemudian turun dari mobil, memilih menaiki motor (seluruh dunia tahu, beliau hobi bermotor), menggunakan helm yang menutup wajah dengan sempurna (sehingga orang tak bisa melihat siapa di balik helm hitam gelap itu) dan melaju menembus hambatan di jalan.

Beliau terlihat sempat berhenti sebentar di tengah jalan, mengizinkan serombongan anak-anak sekolah berpakaian Pramuka - di mana satu anak, cukup berisi, berjalan paling belakang dan mendapat kejutan dari Jokowi saat ia membuka helmnya. Jokowi melanjutkan perjalanannya, melewati gang, melakukan aksi stunt, sampai akhirnya tiba di GBK. Masuk dalam stadion, disambut seruan meriah ribuan penonton di stadion.

Sebuah atraksi yang memang ditujukan sebagai kick start yang memberi semangat, mencuri perhatian, sekaligus sukses memasarkan sosok Jokowi sebagai kepala negara yang hip. Tidak penting siapa yang melakukan atraksi itu sebenarnya, bersembunyi di balik helm gelap. Karena tentu, Jokowi melakukan perannya sebagai ikon. Bila ada stuntman yang melakukan aksi itu untuk Jokowi, that's what we called entertainment. Show business. Dan opening ceremony Asian Games 2018 tadi malam memang murni seni hiburan.  Diarahkan secara kreatif oleh orang-orang yang mengerti dunia hiburan. Bagaimana menghasilkan opening ceremony yang megah, berdasar dari ide dan energi kreatif yang juga dimiliki oleh kepala negara kita.

Hasilnya, aksi Jokowi itu, trending di mana-mana. Bahkan di Korea Selatan yang memanggilnya sebagai Presiden hipster. Don't you just feel proud?