Sukses

Lifestyle

3 Hal yang Jadi Pengaruh Buruk Bagi Kesuburan Wanita

Fimela.com, Jakarta Kesuburan bukan sebuah takdir yang didapati setiap kaum Hawa. Tentunya, ada banyak hal yang menjadi faktor kesuburan tersebut. 

Seperti, hormon yang seimbang, organ reproduksi sehat, dan lainnya. Begitu juga ketika seorang wanita mengalami ketidaksuburan. 

Klik Dokter menulis, salah satu faktor terganggunya kesuburan seorang istri adalah usia. Ketika kesuburan ini terganggu, maka orang tersebut akan sulit mendapatkan anak. 

Beberapa penelitian, tulis Klik Dokter, menjabarkan apa saja yang menjadi faktor ketidaksuburan seseorang, selain faktor usia. Agar kamu yang mendambakan kehamilan dapat menghindari semua faktor yang bisa mengganggu kesuburan. 

1. Berat Bada

Banyak perempuan yang nggak terlalu mementingkan berat badan. Namun, berat badan justru menjadi faktor paling memengaruhi terhadap kesuburan. Bukan cuma kelebihan berat badan saja, tapi terlalu kurus pun juga bisa berakibat buruk. Karena, baik kelebihan berat badan dan terlalu kurus, Klik Dokter menulis, akan memengaruhi hormon fertilitas. 

2. Bahan Kimia

Selain berat badan, ternyata bahan kimia juga bisa mengganggu kesuburan. Bukan cuma bahan kimi yang ada dirumah, namun bahan kimia yang ada di sekitar tempat kerjamu, seperti bahan kimia dari pabrik. 

Seperti dilansir dari Klik Dokter, sebuah studi yang dilakuan tahun 2013, dipublikasikan di Environmental Health Perspectives, menunjukkan kalau polusi, pestisida, dan senyawa industri lainnya bisa menurunkan kemampuan pasangan suami istri memiliki anak hingga 29 persen. 

 

3. Alkohol

Penelitian dari Swedia, pada tahun 2004 menunjukkan kalau perempuan yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol ternyata lebih banyak mengonsumsi dan mencari obat-obatan peningkat kesuburan. 

Selain itu, konsumsi alkohol berlebih selama tahap awal kehamilan, bahkan sebelum terjadinya pembuahan, kemungkinan bisa memicu kelahiran bayi yang prematur. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading