Sukses

Lifestyle

Bukan Cuma Lari, 2 Olahraga Ini Sehatkan Jantung

Fimela.com, Jakarta Di antara semua organ tubuh, jantung sering ditonjolkan dalam dunia kesehatan. Pasalnya, jantung merupakan salah satu organ pusat yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. 

Hello Sehat menulis, setiap denyut jantung memompa darah yang membawa oksigen melalui sistem peredaran darah. Semakin kuat dan sehat jantung, semakin optimal oksigen yang didapat setiap organ tubuh. 

Seberapa kuat jantungmu, akan ditunjukkan dari stroke volume, yang menunjukkan seberapa banyak darah yang berhasil dipompa keluar oleh jantung. 

 

Karena itu, jantung harus terus kamu jaga dengan menjalani diet dan gaya hidup sehat. Selain makan makanan yang bergizi dan bersih dari lemak jahat serta bahan pengawet, kamu juga harus berolahraga. 

Nggak semua olahraga berfokus pada jantung. Sebagian olahraga fokus pada pembentukan otot saja. Kamu yang ingin jantungnya selalu sehat, ada 2 olahraga yang bisa kamu lakukan. 

Latihan Interval

Latihan interval atau biasa disebut dengan HIIT, dilansir dari Hello Sehat, bukan cuma membakar lemak. Namun juga termasuk olahraga kardio yang melatih otot jantung. 

Teorinya, semakin banyak otot yang terlibat dalam gerakan atau latihan tersebut, semakin keras jantung bekerja untuk mengimbanginya. 

Angkat Beban

Latihan menggunakan beban memang fokus pada otot. Pembentukan otot tak akan optimal tanpa bantuan beban. Namun, latihan beban juga ternyata melatih kekuatan jantung, lho! 

Latihan beban ini juga merupakan salah satu bagian dari HIIT. Jadi, cobalah untuk memilih olahraga angkat beban dengan dumble, atau juga pergi ke gym yang memiliki berbagai mesin untuk latihan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading