Sukses

Lifestyle

4 aktivitas yang harus dilakukan setiap pagi biar tetap bugar

Fimela.com, Jakarta Ada banyak hal yang saling terpaut dan berhubungan dalam hidup yang tidak sahabat Fimela sadari. Salah satunya aktivitas di pagi hari yang bisa memengaruhi kesehatan dan bahkan mood seharianmu baik di rumah dan di kantor

Ketika pagi hari berjalan dengan baik dan dimulai dengan aktivitas yang baik, suasana hati pun akan menjadi baik. Selain itu, mengawali hari dengan aktivitas tertantu bisa menjaga kesehatan dan membuatmu fit. 

Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang baik untuk kamu pilih buat memulai hari. Men's Health menulis, olahraga pagi untuk pemula tak perlu terlalu berat. Kecuali, kamu memang ingin menurunkan berat badan dan sedang dalam program diet. 

Olahraga bukan cuma bisa melangsingkan dan menurunkan berat badan, tapi juga menyehatkan otot jantung. Sehingga, Prevention menulis, otot jantung menjadi lebih kuat pada saat memompa darah ke seluruh tubuh. 

Selain olahraga, juga ada beberapa aktivitas lain yang baik kamu lakukan setiap pagi. Dilansir dari Shaw Academy, berikut 4 aktivitas yang sebaiknya menjadi kebiasaanmu setiap pagi. 

Minum air hangat

Banyak orang yang tidak begitu menganggap air mineral hangat di pagi hari itu penting untuk tubuh. Bukannya meminum air hangat, alih-alih meminum air es atau juga kopi dan bahkan minuman kemasan yang mengandung banyak gula. 

Padahal, air mineral hangat bisa membantu mengaktifkan sistem pencernaanmu di pagi hari, sehingga BAB lancar. Kalau air mineral saja membosankan untukmu, campurkan saja irisan lemon di dalamnya. Lemon dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengandung banyak vitamin C. 

Lakukan peregangan

Banyak orang menyebutnya dengan ngulet. Namun, pada dasarnya ngulet merupakan peregangan yang dialakukan di pagi hari, tepat ketika baru saja bangun tidur, memiliki manfaat untuk tubuh. Pada saat melakukan peregangan ini, otot-otot mendapatkan 'latihan' dan persiapan untuk bekerja selama seharian. 

 

Jangan menghindari sarapan

Demi menurunkan berat badan, sarapan kerap sekali sengaja ditinggalkan. Padahal, sarapan itu penting untuk kesehatan dan juga kesuksesan dietmu. Pasalnya, melewatkan sarapan akan membuatmu lebih lapar sebelum jam makan siang. Selain sebagai energi pertama untuk beraktivitas seharian, orang yang sarapan sehat cenderung lebih sulit untuk naik berat badannya, tulis Prevention. 

Jangan lupa bangun pagi

Tidak semua orang terlahir sebagai morning person. Sebagian orang justru lebih fokus dan produktif di malam hari. Meskipun begitu, cobalah untuk bangun lebih pagi sekali-kali, sekitar pukul 4-6.30 pagi. Pasalnya, pada jam-jam ini hormon cortisol, epinephrine dan norepinephrine aktif dan akan memberikan tenaga untuk beraktivitas. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading