Sukses

Lifestyle

Jenis-jenis selingkuh beserta penjelasan singkatnya

Fimela.com, Jakarta Setiap orang punya idealisme yang berbeda mengenai sebuah hubungan asmara, karena itu pengalaman serta batas toleransi pun berbeda mengenai perselingkuhan.

Beberapa orang mungkin berpikir chatting dengan mantan sebagai perselingkuhan, beberapa lainnya bisa menganggap itu hal biasa karena bagi mereka selingkuh artinya melibatkan aktivitas fisik.

Esther Perel, Ph.D,. seorang relationship expert, menuliskan dalam bukunya yang berjudul The State of Affairs: Rethinking Infidelity: perselingkuhan melibatkan paling tidak satu dari tiga elemen ini; kerahasiaan, keterlibatan emosional, dan alkimia seksual.

Terlepas dari perbedaan opini masing-masing mengenai definisi selingkuh, perselingkuhan itu sendiri dapat dibagi ke beberapa kategori menurut para ahli. Dilansir dari Women's Health, berikut jenis-jenis selingkuh yang dimaksud.

1. Intim dengan orang lain di luar hubungan

Adanya kedekatan secara fisik dengan orang lain merupakan ciri perselingkuhan yang paling gampang dikenali. "Ini biasanya ditafsirkan sebagai jenis sentuhan, ciuman, atau perilaku seksual apapun dengan seseorang yang bukan pasanganmu," ujar Dana Weiser, Ph.D., seorang asisten profesor di Texas Tech University, dikutip dari Women's Health.

 

2. Menyimpan perasaan pada orang lain

Perselingkuhan ini tergolong selingkuh secara emosional. "Ini bisa dimaksud menyukai, mencintai, atau perasaan romansa lain untuk seseorang selain pasanganmu," jelas Weiser.

Batas koneksi secara emosional dengan orang lain pun harus diperjelas, tiap pasangan harus mendiskusikannya. "Memiliki hubungan akrab dengan seseorang yang tidak dikenal pasanganmu atau yang tidak mengenal pasanganmu (atau juga tidak tahu kalau kamu punya pasangan) tidak bisa dibiarkan," Matt Lundquist, relationship therapist asal New York menjelaskan kepada Women's Health.

3. Menyembunyikan penggunaan uangmu

Karena perselingkuhan erat kaitannya dengan kerahasiaan, "gagal terbuka pada pasangan mengenai hal-hal terkait finansial atau keputusan yang mempengaruhi kedua belah pihak," dapat menjadi salah satu jenis perselingkuhan, kata Lundquist.

Contohnya, kalian bersepakat menabung sejumlah uang dari penghasilan tetap kalian untuk biaya pernikahan, tapi kamu menggunakan separuh uang tabungan untuk belanja. Nah, itu sudah termasuk selingkuh. Ya, selingkuh secara finansial.

4. Punya kebiasaan rahasia di media sosial

Berselingkuh karena dan/atau lewat media sosial sudah banyak terjadi kini, menurut Weiser. Perselingkuhan digital ini juga bisa dibagi jadi dua jenis, yakni selingkuh 'seksual' secara terang-terangan; seperti me-like unggahan mantan atau influencer favoritmu, atau punya akun khusus yang tidak diketahui pasangan, untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak semestinya.

"Ketika kamu terus menatap ponsel dan media sosialmu ketika semestinya kamu terkoneksi dengan pasangan," juga bisa diartikan 'selingkuh' menurut Lundquist. Kamu terlihat seperti memiliki hubungan lebih dalam dengan media sosialmu dibanding dengan pasangan sendiri.

Kesimpulan yang bisa diambil dari sini adalah; selingkuh bisa diartikan berbeda bagi setiap orang, jadi akan sangat penting untuk mendiskusikan di mana batas-batas yang harus kamu dan pasanganmu sama-sama patuhi selama kalian menjalin hubungan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading