Sukses

Lifestyle

Pernikahan yang bahagia membuat seseorang panjang umur, mitos atau fakta?

Fimela.com, Jakarta Pernikahan bahagia dapat memberikan dampak besar bagi hidup kita. Kita merasa punya dukungan, merasa lebih dimengerti, dan bersemangat lebih untuk mencoba hal-hal baru. Namun lebih dari itu, sebuah penelitian telah menemukan satu dampak besar lain dari pernikahan yang bahagia.

Sebelumnya memang telah ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara pernikahan bahagia dengan kesehatan tubuh, khususnya hati. Kali ini, berdasar hasil penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal kesehatan daring; Health Psychology, pernikahan yang bahagia ternyata dapat memperpanjang masa hidup!

Para peneliti melihat hasil penelitian sosial antara tahun 1978-2010, menganalisa informasi 19,000 pasangan suami istri. Mereka juga melacak data kesehatan dan kelangsungan hidup responden tersebut hingga tahun 2014.

Para responden ditanyakan mengenai pernikahan, termasuk seberapa bahagianya mereka dalam pernikahan tersebut dan hidup mereka secara umum. Mereka yang menyebutkan "sangat senang" atau "cukup senang" memiliku 20% kemungkinan meninggal yang lebih kecil selama periode penelitian dibanding mereka yang menggambarkan pernikahan mereka dengan "tidak begitu bahagia".

Jadi, pernikahan bahagia bikin panjang umur itu bukan cuma mitos!

 

Fakta pernikahan bahagia membuat seseorang umur panjang

Para peneliti menuliskan sejumlah alasan mengapa hal ini mungkin terjadi. Alasan yang paling mendasar adalah, mungkin pasangannya mendorong kebiasaan hidup sehat dan memotivasi untuk mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti merokok. Berada dalam pernikahan yang bahagia juga membantu seseorang membentuk tujuan hidup, dan efek psikologis ini diartikan sebagai manfaat sehat.

Hal tersebut berarti memiliki pernikahan yang bahagia sangat membantu mengatasi stres dan kesulitan lain yang menghadang kita di kehidupan sehari-hari. Semua hal tersebut berujung pada sebuah konklusi; berada dalam pernikahan yang bahagia akan memperpanjang umur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading