Sukses

Lifestyle

5 trik mudah mencari pekerjaan bagi perempuan di atas 40 tahun

Fimela.com, Jakarta Pengalaman mencari pekerjaan kerap kali membuat stres dan frustasi. Bagaimana tidak? Dari sekian banyak pekerjaan yang dilamar, belum tentu langsung di tanggapi. Apalagi jika usia kita sudah berada di ujung syarat perekrutan.

Bagi perempuan yang sudah memasuki 40 tahun kerap kali menemui kesulitan dalam mencari pekerjaan. Faktor usia menjadi pertimbangan produktivitas di perusahaan.

Namun jangan khawatir. Meski Sahabat Fimela sudah berusia di atas 40 tahun, masih ada cara untuk mencari pekerjaan yang sesuai. Pastinya dengan mengikuti lima trik yang dilansir dari Purewow pada Jumat (5/10/2018).

1. Gunakan jaringan, bukan daftar online

Untuk perempuan di atas 40 tahun, sebaiknya tidak lagi melamar pekerjaan melalui online. Gunakan segala jaringan atau kenalan di perusahaan untuk menemukan pekerjaan yang tepat. Ini akan mempermudah untuk mendapat pekerjaan karena mantan rekan kerja sudah paham bagaimana cara kerja kita.

2. Fokus pada pengalaman, bukan tanggal kelulusan

Pengalaman kerja yang sudah dimiliki bisa menjadi bekal untuk melamar pekerjaan yang baru. Jangan pernah fokus pada tanggal kelulusan yang sudah terlampau lama karena ini akan menciptakan kesan rendah diri. Tonjolkan pengalaman berprestasi selama bekerja di pekerjaan yang lama.

3. Jangan takut mengajukan pertanyaan

Jika ada hal yang mengganjal soal pekerjaan, tanyakan saja. Sahabat Fimela punya hak untuk mendapatkan penjelasan sejelas mungkin soal tugas dan jaminan yang diberikan perusahaan.

4. Cari mentor yang percaya diri

Ketika berada di perusahaan baru, biasanya akan didampingi oleh mentor selama beberapa bulan. Terlebih jika masuk ke dalam program karier berjenjang. Carilah mentor yang membuat Sahabat Fimela terinspirasi untuk bekerja.

5. Melek teknologi

Usia kerap kali membuat perempuan tidak percaya diri ketika melamar kerja. Pengakuan akan penggunaan teknologi yang jarang mengindikasikan bahwa kita sudah tua. Perusahaan tentu akan memilih orang yang sudah melek teknologi. Sebisa mungkin Sahabat Fimela memahami dasar-dasar penggunaan teknologi untuk menunjang produktivitas kerja.

Dari lima trik ini diharapkan menjadi semangat bagi Sahabat Fimela untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Usia bukanlah halangan untuk berhenti bekerja dan menyerah dalam mencari pekerjaan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading