Sukses

Lifestyle

Tips rencanakan liburan hemat yang pas di kantong

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara mengapresiasi kerja keras diri sendiri adalah dengan merencanakan sebuah liburan. Namun bukan berarti uang yang dihasilkan dari kerja keras tersebut dihabiskan hanya untuk liburan, kan?

Banyak yang berpikir pergi liburan itu butuh banyak biaya dan bisa mengacaukan kondisi keuangan. Padahal kenyataannya tidak begitu. Dengan perencanaan matang, liburan akan tetap menyenangkan tanpa ada uang yang terhambur-hamburkan percuma.

Pintar-pintar saja mencari celah untuk menemukan harga dan jadwal terbaik untuk melaksanakan rencana liburan tersebut. Dilansir dari Refinery29, berikut ini beberapa trik merencanakan liburan tanpa membuat kantong tipis karena over budget!

1. Menabung dari sekarang

Liburan dadakan memang menyenangkan, namun trip dadakan itu adalah musuh besar bagi keuangan. Jauh lebih baik jika perjalanan liburan direncanakan.

Jika memiliki satu destinasi idaman, simpan dulu di kepala dan jadikan motivasi untuk segera menabung. Cari tahu perkiraan biaya untuk trip ke sana sebagai patokan jumlah uang yang harus disiapkan. Setelah uangnya terkumpul, baru mulai realisasikan.

 

Ketahui kapan waktu yang tepat untuk booking

2. Pilih waktu terbaik dan tepat

Jangan pernah terburu-buru untuk memesan segala akomodasi. Cari tahu kapan biasanya maskapai-maskapai mengeluarkan promo serta berapa lama sebelum keberangkatan baiknya tiket pesawat dan akomodasi lainnya dipesan.

Berdasarkan survei yang dilakukan CheapAir.com sebagaimana dilansir dari Refinery29, waktu yang tepat untuk booking penerbangan domestik adalah 70 hari sebelumya. Untuk penerbangan internasional, waktu booking yang ideal adalah sekitar 160 hari jika tujuannya ke Eropa, 120 hari jika ke Asia, 110 hari jika ke Amerika Selatan, 197 hari jika ingin ke Australia, dan 199 hari jika ke Afrika.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading