2 langkah simpan album foto agar tahan lama

Anisha Saktian Putri16 Okt 2018, 09:30 WIB
album foto

 

Fimela.com, Jakarta Apakah pernah merasakan menyimpan foto di album? Jika ya, coba cek kondisinya, masih terawat atau tidak? Sebab foto bisa usang dimakan zaman.

CEO Id Photo Book Afrig Wasiso memberikan tips berguna yang bisa sahabat Fimela lakukan untuk merawat album foto dengan segala kenangan indahnya. Pertama adalah letakkan album foto pada tempat yang mudah dijangkau. Semakin mudah dijangkau maka album foto semakin sering dilihat dan membuatnya lebih tahan lama.

“Kalau jarang dibuka kertasnya jadi mudah rusak. Bisa juga karena lembap," ujar Afrig dalam temu media Pesta 10.10 ID Photo Book di Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut, Afrig menyarankan agar album foto ditata berdiri seperti buku pada rak ketimbang ditumpuk. Agar mencegah tekanan pada kertas foto yang dikhawatirkan dapat memengaruhi kualitas gambar.

Namun dibanding beberapa puluh tahun lalu, kualitas kertas foto zaman sekarang lebih baik. Sebab itu, Afrig mengatakan cara perawatan seperti penyimpanan yang tepat merupakan upaya terbaik untuk mencegah hasil foto memudar.

"Sebenarnya tinta dan kertas zaman dulu agak pekat sehingga mudah luntur. Kalau era sekarang teknologi sudah bisa bikin foto nggak luntur," lanjutnya. 

Id photo
Id photo

Album fisik zaman sekarang

Album fisik pun masih ada hingga saat ini. Namun dengan tampilan yang lebih modern dan inovatif. Seperti Id Photo Book.

Sejak dua tahun lalu, Id Photo Book ini membantu banyak orang untuk mengabadikan kenangan lewat album fisik yang sering dilakukan orang zaman dulu.

Lewat Id Photo Book, pengguna jasa hanya perlu mengirimkan foto yang ingin dicetak dalam bentuk album melalui website. Dalam sehari, Id Photo Book bisa mencetak hingga 1000 album foto.

"Tren cetak foto kita lihat tren sempat setop. Cuma akhir-akhir ini kita lihat tren cetak foto semakin bagus, apalagi sudah mulai booming usaha cetak foto digital," ujar Afrig.

Pesta 10.10 diadakan sebagai perayaan dua tahun Id Photo Book dengan menawarkan berbagai promo. Hanya dengan membeli paket cetak foto Queen Series sebesar Rp 99 ribu, pelanggan berkesempatan mendapatkan dua undian yang akan diundi mingguan hingga grand prize emas, ponsel, TV, hingga liburan ke Singapura, Bali, dan Yogyakarta.

"Promo spesial ini berlangsung mulai 10 Oktober hingga 10 November 2019. Pelanggan hanya perlu membeli paket promo Queen Series Rp 99 ribu dan bisa berkesempatan mendapat hadiah undian tersebut," tandas dia.

Lanjutkan Membaca ↓