3 makanan ini jadikan tidur malam lebih berkualitas

fitriandiani16 Okt 2018, 06:00 WIB
Tidur bisa lebih nyenyak dengan konsumsi tiga makanan ini

Fimela.com, Jakarta Waktu tidur malam adalah momen-momen di mana kita mengisi ulang energi yang telah habis terpakai untuk beraktivitas seharian. Agar lebih siap menghadapi esok hari, tentu kita butuh tidur yang berkualitas. Ironinya, hal kerap dianggap sepele ini justru tak bisa didapatkan dengan mudah.

Tidur berkualitas bukan hanya soal durasi, tapi seberapa nyamannya tubuh dan pikiran saat tidur yang berujung pada nyenyak atau tidaknya tidur kita.

Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi hal tersebut, salah satunya adalah makanan yang dimakan selama seharian. Kalau kamu sering susah tidur, coba diingag-ingat apa saja yang kamu konsumsi.

Beberapa makanan dan minuman mengandung nutrisi yang memberi rasa tidak nyaman pada tubuh, seperti misalnya kafein yang membuat jantung memompa darah lebih cepat sehingga menyebabkan susah tidur. Sebaliknya, ada pula makanan yang bisa menunjang tidur berkualitas. Contohnya seperti yang disebutkan di bawah ini.

 

 

Telur

Makan telur bisa buat tidur nyenyak
Mengonsumsi telur bisa membuat tidur lebih nyenyak (iStock)

Bukan cuma sumber protein yang dapat diandalkan, telur juga mengandung hormon tidur alami bernama melatonin. Melatonin tersebut diciptakan oleh tubuh dengan bantuan asam amino dan triptofan yang terdapat dalam putih telur.

Selain itu, protein dan lemak di dalam telur membantu menjaga agar kita tetap puas dan kadar gula darah tetap stabil, yang semuanya membantu dengan tidur nyenyak.

Susu

Kalsium dalam susu tidak hanya bagus untuk tulang tapi juga untuk tidur yang berkualitas. Bersama dengan triptofan, kalsium memproduksi melatonin dalam tubuh.

Tubuh butuh kadar kalsium tinggi saat tidur nyenyak. Dengan kata lain tubuh butuh kalsium agar bisa tidur nyenyak.

Ubi jalar

Sebuah ubi jalar mengandung kurang lebih 452 mg kalium yang setara dengan 10% dari rekomendasi dosis harian. Kalium ini berfungsi meningkatkan kontraksi otot untuk mencegah kram di malam hari, yang sering berujung pada kesulitan tidur.

Lanjutkan Membaca ↓
Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks