Sukses

Lifestyle

2 Alasan kenapa mata perih saat memakai lensa kontak

Fimela.com, Jakarta Pemakaian lensa kontak seharusnya sangat sederhana dan cepat. Namun, ada prosedur yang harus selalu diperhatikan dan dilakukan. Seperti mencuci tangan menggunakan sabun sebelum memasang dan melepas lensa kontak. 

Lensa kontak yang langsung menempel pada kornea mata memang memiliki risiko tinggi jika prosedurnya tidak dijalani dengan baik. Salah satu efeknya adalah mata menjadi perih. 

Lapisan paling luar kornea mata, dilansir dari Self.com, disebut dengan epithelium. Menurut the National Eye Institute (NEI), bagian ini memiliki ribuan ujung saraf dan membuat matamu menjadi sangat sensitif. 

Ini juga yang menjadikan mata kadang perih pada saat terkena sabun atau sampo keras saat mandi. Lanras, apa saja keslahan saat memasang lensa kontak sehingga mata terasa sangat perih?|

Kesalahan saat memasang lensa kontak

Sabun pada jari

sebelum memasang lensa kontak, sahabat Fimela disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu agar debu dan kuman tidak ikut masuk ke dalam mata. Namun, kadang karena terburu-buru, sabun yang ada dijari tidak terbilas hingga bersih. 

Sehingga sabun yang masih ada di jari menempel pada kontak lens dan masuk ke dalam mata. Karena itu pastikan membilas tangan sampai bersih agar mata tidak terasa perih. 

Lensa kotor

Bukan cuma jari dan tanganmu yang harus bersih, namun juga lensa kontaknya. Pastikan sahabat Fimela membersihkan lensa kontak sebelum memasangnya. Kalau pada saat baru dipasangan mata terasa perih, segera lepas dan periksa apakah ada sesuatu yang enempel pada lensa atau bahkan lensanya robek dan rusak. Jika rusak, segera buang dan ganti lensa dengan yang baru. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading