Sukses

Lifestyle

Tambahkan 25 makanan dalam daftar diet untuk percepat turun berat badan

Fimela.com, Jakarta Olahraga secara teratur berguna untuk membentuk otot dan membabat lemak. Tetapi, jika ingin melihat hasil nyata dari turunnya berat badan tak lepas dari pemilihan pola makan atau diet.

Bukan berarti penurunan beberapa kilogram merampas hakmu untuk melahap makanan berkarbohidrat. Memperbaiki pola makan atau diet adalah cara tetap untuk memulainya.

Untuk memulainya, tambahkan 25 jenis makanan ini pada rotasi diet. Apa saja?

1. Alpukat

Lawan lemak dengan lemak. Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan dapat membantu mengurangi lemak perut. Tambahkan beberapa iris alpukat pada roti panggangmu tiap pagi. Atau cobalah salah satu resep makan siang alpukat sehat untuk diet.

 

 

 

 

Daging rendah lemak

2. Hummus

Simpan humus dalam lemari es untuk mengurangi kesempatan mengunyah camilan tidak sehat. Cara makan humus yang penuh protein pun beragam. Bisa mencocolnya dengan sayuran mentah, menjadi topping salad sayuran, atau sebagai pengganti mayones pada sandwich.

3. Salsa

Salsa adalah bahasa spanyol untuk saus. Saus bisa menambah rasa pada salad atau daging tanpa lemak pada ikan dan ayam. Saus adalah pilihan cerdas karena bisa menambah kelezatan pada makanan tanpa menyantap bumbu lain yang memiliki kalori tinggi.

4. Kentang

Kentang memang menjadi salah satu sumber karbohidrat tapi bukan berarti dimusuhi. Kulit kentang kaya akan serat dan tidak memiliki banyak kalori. Artinya kentang masuk dalam menu diet. Pastikan tidak memasukkan mentega, krim asam, dan bacon bersamanya.

5. Daging rendah atau tanpa lemak

Lean meat adalah daging yang realtif rendah kandungan lemak. Sebab protein hewani mengandung protein untuk membangun otot dan membuat kenyang. Bisa memilih daging ayam tanpa kulit, steak ikan atau daging sapi yang sudah disingkirkan lemaknya.

6. Kacang-kacangan

Sebuah studi tahun 2011 menemukan orang yang mengonsumsi satu ons kacang sehari punya kadar hormon serotonin lebih tinggi yang bertindak sebagai penekan nafsu makan. Kadar serotonin juga bisa mengurangi stres.

Yogurt Yunani sampai Oatmeal

7. Yogurt Yunani

Penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi susu sebagai bagian diet minim kalori kehilangan berat badan lebih banyak dari yang tidak. Yogurt Yunani pilihan tepat karena punya berbagai kegunaan, sebagai bumbu marinasi, pengganti krim asam, memanggang, dan banyak lagi.

8. Sup

Sup dari kaldu adalah teman baik bagimu yang mengonsumsi makanan sehat. Sup membuatmu kenyang dan relatif minim kalori. Buatlah sup dalam panci besar untuk dimakan sepanjang minggu.

9. Biji sia

Serat, protein, dan omega tiga dimiliki oleh chia. Bukan hanya itu, saat chia ditambahkan air, bisa membuatmu lebih kenyang. Taburkan chia ke dalam smoothies atau oatmeal atau puding chia saat sarapan.

10. Salmon

Ikan seperti salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk banyak alasan. Kandungan protein tinggi membuatnya menjadi pilihan sangat baik untuk makan malam demi mengurangi berat badan.

11. Kacang polong

Simpanlah kacang polong sebagai makanan rendah kalori di dapurmu. Kacang polong merupakan sumber protein yang bisa ditambahkan dalam berbagai menu makanan.

12. Oatmeal

Ganti serela dengan semangkuk oatmeal saat sarapan dan lihatlah berapa pounds yang menghilang. Beberapa studi menyebutkan meski punya kalori sama, oatmeal membuat kenyang lebih lama karena tinggi serat.

 

Popcorn sampai berries

13 Berries

Penelitian menunjukkan antioksidan antosianin yang ditemukan dalam buah berry dapat mengubah aktivitas gen dalam sel-sel lemak sehingga mencegah penambahan berat badan. Blueberry sangat tinggi antioksidan, tak ada salahnya untuk pasokan camilan.

14. Popcorn

Penuh antioksidan dan rendah kalri, popcorn menjadi makanan pengganti saat keinginan ngemil sesuatu yang asin dan berminyak. Tentunya jauhi melted butter dan ganti dengan topping popcorn sehat kurang dari 150 kalori.

15. Aple

Apel menjadi salah satu buah yang tinggi pektin dan seret larut yang membantumu kenyang lebih cepat. Makanlah apel sebagai camilan yang mencegahmu makan macam-macam camilan sampai tiba waktunya jam makan.

16. Ubi jalar

Memiliki kandungan kaya serat dan membuat kenyang, serta mengatur gula darah. Tapi jangan menggorengnya, pilih sesuatu yang lebih sehat seperti direbus atau dibuat burrito.

17. Pear

Seperti apel, pir memiliki tinggi serat pektin yang membantu menekan nafsu makan. Sebab itu, saat mulai lapar tapi belum masuk jam makan, ambillah pir dengan kulitnya.

18. Paprika

Capsaicin, senyawa dalam cabai tersebut memiliki sifat meningkatkan metabolisme. Tambahkan cabai, jalapenos, atau apa pun untuk melancarkan metabolisme.

19. Cokelat hitam

Orang yang makan sekotak kecil cokelat hitam tiap hari bisa meredam keinginan untuk dessert. Perbanyaklah makan cokelat berkualitas tinggi untuk mengatakan tidak pada kue manis.

Quinoa sampai telur

20. Teh hijau

Menyeruput teh hijau di sore hari bisa meningkatkan metabolisme dan meminimalisir nafsu makan. Selain itu teh hijau juga menghidrasi tubuh dan menjaganya tetap dalam kondisi prima.

21. Quinoa

Makanan yang sedang naik daun karena mengandung sumber protein dan serat yang membantumu terus kenyang. Berkreasilah dengan quinoa untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

22. Telur

Silakan makan telur sebanyaknya, termasuk kuningnya yang penuh nutrisi. Telur menambah banyak protein dalam makanan, hasilnya? Perut kenyang lebih lama.

23. Spaghetti Squash

Ini adalah labu diet rendah karbohidrat. Daging labu spageti berserat bisa dinikmati saat makan malam.

24. Lentils

Selain tinggi protein dan serat, kacang-kacangan menjadi sumber resistant starch. Sejenis karbohidrat yang membakar lebih banyak lemak dan menurunkan berat badan lebih cepat. Tambahkan lentil dalam daftar dietmu.

25. Kayu manis

Meski hanya sejumput, kayu manis bisa mengatur kadar gula darah, mengurangi rasa lapar, dan meningkatkan metabolisme. Taburkan sedikit pada kopi atau smoothie sebagai booster.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading