Yoga Nidra, seni pernapasan yang bikin tidurmu nyenyak

Karla Farhana19 Okt 2018, 09:00 WIB
[Fimela] Yoga

Fimela.com, Jakarta Tidur bisa menjadi misteri bagi sebagian orang. Beberapa orang menganggapnya misteri karena selalu mencari tahu apa yang akan mereka lihat dalam mimpinya setiap malam. Tapi, sebagian lainnya justru wondering, bagaimana caranya bisa terlelap. 

Pasalnya, memiliki gangguan tidur bukan cuma masalah kecil yang bisa diatasi dengan menghitung jumlah domba setiap malam. Bahkan, cokelat atau susu panas dan juga essential oil juga belum bisa membantumu tidur. 

Namun, Yoga Nidra menjadi salah satu cara baru yang mungkin dapat bekerja dengan baik dan membuatmu tertidur pulas. Yoga Nidra, atau yogic sleep, merupakan praktik kuno. Dilansir dari Live Strong, praktik ini dahulu dilakukan para pemimpin India, namun kini sudah banyak rakyat dan orang biasa yang juga ikut melakukannya. 

Times India menulis, Yoga Nidra ini dilakukan dengan mengikuti instruksi spesifik yang dipimpin para yogis pemandu yang sudah dilatih khusus untuk mempraktikkan dan mengajarkan Yoga Nidra. 

Yoga Nidra dilakukan dengan posisi Savasana, di mana tubuh rebah, dengan punggung lurus menempel di atas lantai atau matras. Ada beberapa teknik Nidra yang akan membawamu ke sebuah kondisi di mana tubuh akan merasa sangat tenang, rileks, dan bahagia. Saking rileksnya, tidak jarang mereka akan jatuh tertidur. 

Setiap step dan sesi meditasi dalam yoga ini akan membawamu ke tingkatan relaksasi yang lebih dalam. Women's Health Magazine menulis, pada suatu tingkatan inilah, tubuh akan tertidur pulas, dengan gelombang otak yang perlahan-lahan akan melambat.